Sukses

Ini Penyebab Timbulnya Ketombe pada Alis Mata

Kenali beberapa peyebab munculnya ketombe pada alis.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah mendapati alis Anda dipenuhi serpihan kecil berwarna putih? Bisa jadi hal ini adalah serpihan yang menyerupai ketombe. Meski terdengar sedikit tidak biasa, ternyata ketombe pada area alis menjadi salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak orang di seluruh dunia. Lalu apa penyebab munculnya ketombe di area bulu alis tersebut?

Dilansir dari Beautyhealthtips, Rabu (11/04/18), berikut beberapa penyebab munculnya ketombe pada area alis yang patut diketahui.

Kulit kering

Biasanya yang menjadi penyebab utama ketombe pada alis adalah kulit kering. Hal ini biasanya dialami selama musim dingin atau berada di dalam ruangan ber-AC terus menerus dalam tingkat kelembapan yang relatif rendah. Penggunaan produk kimia yang terlalu keras seperti sabun dan toner juga menjadi penyebab kulit kering dan timbulnya ketombe pada alis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seborrheic dermatitis

Kondisi ini terjadi di mana kulit mengalami peradangan dan pengelupasan akibat produksi minyak berlebih dari kelenjar minyak. Alis merupakan salah satu area pada wajah, yang memiliki kelenjar minyak terbanyak selain kulit kepala dan area di samping hidung.

Anda bisa mengatasinya dengan cara rutin membersihkan alis dengan menggunakan sampo anti ketombe yang dicampur dengan tiga tetes minyak pohon teh.

 

3 dari 3 halaman

Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu penyakit kulit kronis yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang biasanya terjadi pada daerah siku, lutut, kulit kepala dan alis. kondisi inilah yang menyebabkan munculnya ketombe pada alis.

Contact dermatitis

Kosmetik juga menjadi salah satu faktor penyebab munculnya ketombe pada alis misalnya terlalu sering menggunakan pensil alis berkualitas buruk. Selain ketombe, penggunaan pensil alis juga dapat menyebabkan munculnya ruam.

*(Latifah Gusri)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.