Sukses

Kenalan dengan Cica, Tanaman Ajaib yang Baik untuk Kecantikan

Cica, tanaman ajaib yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Dalam dunia kecantikan, sudah banyak jenis tanaman yang digunakan untuk perawatan kecantikan. Namun, inovasi tersebut tak pernah usai. Bahkan, kini ada lagi jenis tanaman yang ternyata memiliki manfaat baik bagi kecantikan.

Beberapa tahun terakhir banyak sekali merek skincare yang mengeluarkan produk kecantikan dengan bahan utama Hyaluronic Acid, yang berfungsi untuk melembapkan dan menghidrasi kulit. Selain itu pembersih wajah micellar water juga jadi primadona beberapa tahun terakhir, dan sekarang cica (Centella asiatica) atau yang biasa kita sebut tanaman pegagan sedang hangat dibicarakan oleh skincare enthusiast.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cica untuk Kecantikan

Kenapa banyak orang tertarik dan beralih menggunakan skincare berbahan cica?

Cica adalah tanaman liar yang biasa tumbuh di perkebunan, ladang, atau tepi jalan di negara tropis seperti Indonesia. Biasanya cica ini dipakai untuk pengobatan herbal atau sebagai lalapan di daerah tertentu, bentuknya seperti daun clover berwarna hijau. Harimau juga biasanya suka berguling-guling di atas tanaman cica untuk menyembuhkan lukanya. Ini berarti bisa juga digunakan untuk menyembuhkan kulit manusia, bukan?

3 dari 3 halaman

Cica untuk Kecantikan

Menurut Dr Joshua Zeichner, Direktur Kosmetik dan Penelitian Klinis Departemen Dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City, mengatakan, "Cica telah terbukti membantu meredakan peradangan melalui kandungan antioksidan yang kuat dan membantu meningkatkan penyembuhan luka."

Selain itu, cica juga dikenal sebagai bahan pengobatan tradisional di Bangkok dan di dunia kedokteran Barat. Tanaman ini populer sebagai perawatan kulit yang efektif.

Untuk perawatan kulit cica ini berfungsi untuk mencegah kerutan, kekeringan kulit, eksim, rosacea, dan penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu keras. Skincare yang mengandung cica dapat melindungi kulit agar tetap lembap, bebas kerutan dan berseri. Cica banyak digunakan sebagai bahan dasar moisturizer, krim dan balm. Misalnya beberapa merek skincare Korea yang mengeluarkan produk berbahan cica seperti: Dr. Jart+, Innisfree, Klairs, Cosrx. Atau dari Barat ada Loreal dan Sariayu dari merek lokal yang ditargetkan untuk memperbaiki tekstur kulit.

Sumber: Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.