Sukses

Tips Memperlambat Proses Penuaan Kulit Wajah

Ingin senantiasa awet muda? Ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Penuaan adalah proses alami yang terjadi pada makhluk hidup. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya proses penuaan, baik dari dalam tubuh maupun dari lingkungan. Jika Anda menginginkan untuk bisa lebih lama tampil dengan wajah yang segar dan tampak muda, ada beberapa siasat untuk memperlambat proses penuaan.

 Melansir halaman Forbes pada Senin (26/3/18), berikut ini adalah beberapa tips untuk memperlambat proses penuaan kulit wajah. 

1. Lindungi dari sinar matahari

Sunscreen atau tabir surya punya peran besar bagi kulit. Paparan sinar UVA bisa mempercepat proses penuaan kulit, seperti keriput dini, pigmentasi, dan pengenduran kulit. Gunakan krim tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau lebih besar, atau gunakan pelembap dengan kandungan SPF saat Anda keluar ruangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan produk yang tepat

Pilih produk skincare yang mengandung elemen-elemen yang memberi nutrisi optimal pada kulit. Kandungan retinol merupakan derivasi vitamin A yang berfungsi membersihkan pori-pori dan meningkatkan produksi kolagen yang dapat menghaluskan garis penuaan. Antioksidan seperti vitamin C dan green tea melindungi kulit dari radikal bebas.

 3. Ritual malam hari

Jangan lupakan pentingnya perawatan kulit pada malam hari. Penggunaan produk skincare pada malam hari penting karena pada saat tidur malam, kulit menyerap nutrisi secara lebih optimal. Bersihkan wajah dan gunakan toner yang berfungsi menyeimbangkan pH hingga 5,5. Setelah memakai toner, gunakan serum untuk kondisi kulit khusus. Akhiri dengan mengaplikasikan eye cream, moisturizer, dan lip treatment.

3 dari 3 halaman

Pola hidup

Kesehatan kulit bukan hanya ditentukan oleh produk perawatan yang diaplikasikan langsung pada kulit, melainkan juga dari kondisi tubuh secara general. Upayakan agar Anda selalu mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan, yakni yang kaya vitamin, serat, lemak baik, dan sebagainya. Selain itu cukupi juga kebutuhan air minum dan tidur. Lengkapi semuanya dengan olahraga secara teratur.

*Bio

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.