Sukses

Batik Bergaya Milenial yang Fresh dan Muda ala Iwan Tirta di PIFW 2018

Berikut koleksi Iwan Tirta yang mengapresiasi akar budaya namun relevan dalam setiap masanya di Plaza Indonesia Fashion Week 2018.

Liputan6.com, Jakarta Fashion berkalan berkembang dan modernn, namun tidak membuat kebudayaan tergerus dan menjadi kuno. Pesan ini yang ingin disampaikan Iwan Tirta Private Collection dalam koleksi terbarunya bertajuk Nuswantara.

Sebagai sebuah batik house, Iwan Tirta Private Collection berkomitmen untuk selalu merepresentasikan karya fashion yang tidak hanya sekedar istimewa tetapi juga mampu mengapresiasi akar budaya. Selain itu juga melakukan terobosan agar relevan dalam setiap masanya.

Nuswantara berasal dari kata Nusantara sebagaimana wilayah negara Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dengan segala budayanya. Batik sendiri sangat erat dengan kultur di Jawa Tengah, namun untuk koleksi Nuswantara, Iwan Tirta Private Collection menampilkan tidak hanya motif batik yang berasal dari Jawa Tengah saja tetapi dari berbagai daerah di Indonesia.

Koleksi Iwan Tirta Private Collection Spring/Summer 2018 bertajuk Nuswantara ini akan dipamerkan pada pekan mode Plaza Indonesia Fashion Week 2018. Dalam rangkaian koleksi fashion yang dikerjakan oleh tim kreatif Iwan Tirta Private Collection ini akan menampilkan kombinasi motif Boketan dan Hokokai yang sangat feminin serta banyak dipengaruhi dari budaya Eropa dan Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Iwan Tirta di Plaza Indonesia Fashion Week 2018

Teknik detail batik yang digunakan menyerupai gradasi yang biasanya tampil pada motif Megamendung. Sebanyak 24 koleksi pakaian wanita ready to wear dengan dominasi warna biru, ungu, maroon, hitam dan putih ini hadir dalam material organza, cotton viscose, satin silk yang dikombinasikan dengan kain tenun.

"Sangat excited dengan koleksi ini. Koleksi ini lebih fresh dan lebih muda. Iwan Tirta Private Collection menjawab tantangan milenial melalui hal ini," kata Era Soekamto Desainer dan crative director Irwan Tirta Private Collection di Plaza Indonesia, Senin (19/3/2018).

3 dari 3 halaman

Iwan Tirta di Plaza Indonesia Fashion Week 2018

Untuk menjawab tantangan milenial saat ini, Iwan Tirta juga akan menghadirkan koleksi kolaborasi bersama dengan desainer fashion Auguste Soesastro. Konstruksi desain sederhana yang menjadi kekuatan desain AugusteSoesastro akan berpadu dengan desain motif batik khas Iwan Tirta Private Collection yang tegas dan besar sehingga menjadi satu kesatuan desain yang anggun dan kekinian.

Untuk koleksi kolaborasi Iwan Tirta Private Collection bersama Auguste Soesastro, sebanyak 20 koleksi pakaian wanita ready to wear akan ditampilkan. Jumpsuit hingga outer dalam garis desain pakain khas Auguste Soesastro akan tampil dalam batik Iwan Tirta Private Collection dengan nuansa palet monokrom.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.