Sukses

Atasi Permasalahan Bintik-Bintik Membandel pada Kulit Wajah dengan Cara Ini

Komedo, tapi menonjol. Dipencet, tapi bukan jerawat karena tidak keluar apa-apa. Bintik seperti ini dikenal sebagai milia. Ini cara mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta Timbulnya bintik-bintik kecil pada area kulit wajah kerap mengganggu penampilan wajah. Tak hanya itu, kehadiran permasalahan kulit yang satu ini membuat riasan makeup tak terlihat flawless. Menyebalkan bukan?

Komedo, tapi menonjol. Dipencet, tapi bukan jerawat karena tidak keluar apa-apa. Bintik seperti ini dikenal sebagai milia. Biasanya muncul di pipi, hidung, dan sekitar mata. Segala usia dapat mengalaminya, mulai dari bayi hingga dewasa. Bukan masalah yang terlalu serius, sebenarnya. Tapi sangat mengganggu penampilan kulit wajah. Tekstur wajah jadi tidak rata.

Dermatologi menjelaskan bahwa milia adalah bintik menonjol kecil yang muncul di permukaan kulit wajah, di mana sel kulit mati terjebak di dalamnya. Milia terbentuk oleh keratin, protein di lapisan terluar kulit. Pada dasarnya, milia tidak sama dengan komedo dan jerawat, jadi sekadar “kantong” di kulit wajah normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab timbulnya Milia

Ada dua penyebab utama munculnya milia. Jika muncul di area mata, ini dimungkinkan karena pemakaian krim berat, padahal kulit di area mata lebih tipis dibanding kulit di area wajah lain. Namun, jika muncul di hidung atau bahkan di tubuh, biasanya disebabkan oleh kerusakan kulit akibat sinar matahari. Bisa juga karena iritasi kulit atau pemakaian produk berformula keras.

 

3 dari 3 halaman

Cara meredakan milia

Eksfoliasi & Chemical Peeling

Karena milia merupakan sel kulit mati yang terperangkap, mengikis kulit mati melalui eksfoliasi penting dilakukan. Bisa pula dengan chemical peeling menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA untuk eksfoliasi yang lebih ringan.

Krim Bertekstur Ringan        

Kurasi lagi krim yang akan diaplikasikan di area mata. Untuk mencegah lebih banyak munculnya milia, sebaiknya pilih eye cream bertekstur ringan. Hindari pula sekitar mata dari krim wajah yang pekat karena bisa memerangkap sel kulit mati di area tersebut.

Retinol

Produk dengan kandungan retinol akan sangat membantu meregenerasi kulit, sehingga akan lebih sedikit sel kulit mati, dan meminimalisir terbentuknya milia.

Konsultasi dengan ahli dermatologi

Untuk menghilangkan milea, bisa dilakukan ekstraksi. Hanya saja agar tidak meninggalkan infeksi atau luka, sebaiknya ekstraksi dilakukan oleh ahli, dalam hal ini dermatologi. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli dermatologi untuk mengetahui langkah terbaik menyingkirkan milia.

Penulis: Monica Dian

Sumber: Fimela.com

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini