Sukses

Parfum Chanel N°5 Terbilang Mahal, Ini Alasannya

Simak alasan mahalnya parfum Chanel No 5.

Liputan6.com, Jakarta Chanel mengeluarkan parfum N°5 dengan harga yang begitu mahal. Untuk botol terkecil ukuran 50 ml, parfum Chanel ini dibanderol dengan harga 105 dollar atau sekitar Rp 1,3 juta.

Sedangkan untuk ukuran 200 ml, parfum ini dibanderol dengan harga 215 dollar atau sekitar Rp 2,7 juta. Lantas, apa yang membuat parfum Chanel N°5 begitu mahal?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan kenapa parfum Chanel No 5 begitu mahal

 

Sharing what I learned during the Chanel perfume workshop - The art of sealing a Chanel No.5 pure perfume bottle 🌸 . Well... from what I heard yesterday... before technology made possible vacuum tight seals, the sealing of a perfume bottle was originally made by using an animal tissue, a baudruche (i.e. the intestine of 🐂 or 🐑) 😨... But today, please heave a sigh of relief, the baudruche is usually made of synthetic fiber (Phew 😅 - swipe to the 3rd picture frame to see the synthetic fiber before it is dampened)... and this "baudruchage" perfumery technique is done by hand, one bottle at a time! To share with all of you how this labor intensive sealing method is done, please swipe to the second last frame ⏩ to see the complete demonstration video performed by one of the 8 craftswomen who sealed the bottles in Chanel (warning ⚠️: long video! So if you do not want to watch the whole video, see the steps involved in pic 2)... Hope you all like discovering these little details as I do! As I personally feel that anything that involves a handmade, labor intensive process is special in our increasingly mechanized world ☺️ . P.S. I also learned that the best way to apply perfume from stoppered bottles is by using a small disposable pipette or a ceramic stripe, because this could make our perfume last longer 😉 . #chanel #chanelevent #chanellover #chanelclassic #chaneladdict #chanelevent #chanelworldwide #chanelinternational #chanelno5 #chanelperfume #chanelmademoiselleprivé #mademoiselleprivé #mylearningexperience

A post shared by J's (@jys_c) on

Parfum ciptakan Coco Chanel pada 1921 ini digambarkan sebagai parfum wanita dengan aroma wanita. Dilansir dari Instyle, Sabtu (24/3/2018), harga mahal yang dibanderol ini setara untuk membayar proses panjang dari pembuatan parfum ini sendiri. Kemasannya yang emas ikonik membuat tampilan parfum ini begitu mewah.

Menurut The New Yorker, satu botol parfum dari rumah mode Prancis berukuran 30 ml membutuhkan 1.000 bunga jasmine Pegomas ditambah dengan 12 mawar Pegomas. Untuk mendapatkan bunga sebanyak itu, dibutuhkan lahan yang luas untuk melakukan penanaman jenis bunga yang dibutuhkan untuk membuat parfum Chanel.

3 dari 3 halaman

Alasan kenapa parfum Chanel No 5 begitu mahal

Sejak 1980-an, Joseph Mul dan keluarganya menanam bunga untuk mensupply kebutuhan Chanel dalam membuat parfum di Pegoman, Prancis. Jenis mawar yang digunakan sendiri disebut Rosa centifolia. Menurut laporan dari The New Yorker, mawar ini mampu menghasilkan aroma yang mirip dengan madu.

Ketika bungan mawar bermekaran di musim semi, sebanyak 70 orang akan memetik mawar. Setiap orang akan memetik bunga di lahan seluas 0,4 hektar. Setelah dipetik, mawar tersebut dibawa ke pabrik untuk diekstrasi menjadi minyak. Ekstrasi ini sendiri menjadi proses yang panjang karena mengubah bunga dari merah muda menjadi cokelat. Hingga akhirnya meghasilkan cairan parfum yang dimasukkan ke botol kemasan Chanel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.