5 Ramuan Alami Pencegah Bau Kaki

Oleh Latifah Gusri pada 22 Mar 2018, 11:15 WIB
Diperbarui 22 Mar 2018, 11:15 WIB
Ilustrasi Perawatan Kaki
Perbesar
Ilustrasi Perawatan Kaki (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa malu dengan aroma kaki yang tak sedap ketika melepaskan sepatu di depan banyak orang? Ya hal ini biasanya terjadi ketika Anda takut aroma kurang sedap yang ditimbulkan oleh kaki dapat tercium oleh orang lain. Sebelum membahas bagaiamana cara menghilangkannya, tahukah Anda sebenarnya apa yang menjadi penyebab bau pada kaki?

Dilansir dari Top10homeremedies, Rabu (21/03/18), bau tidak sedap pada kaki diakibatkan terjebaknya keringat yang berlebih pada kaki. Biasanya hal ini terjadi pada saat mengenakan sepatu ataupun kaos kaki, stres, jarang mencuci kaki ataupun mengganti kaos kaki.

Kondisi lembap dan gelap juga membuat bakteri cepat tumbuh sehingga menghasilkan asam isovaler dari zat leusin yang hadir dalam keringat.  

Bagi Anda yang mengalami masalah ini kini tidak perlu khawatir. Anda bisa melakukan perawatan sederhana di rumah untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kaki.

Baking Soda

Baking soda dikenal sebagai obat yang efektif untuk menghilangkan bau kaki. Kandungan yang terdapat pada baking soda dapat menetralisir pH keringat dan mengurangi bakteri. Cukup masukkan 1 sdm makan baking soda pada satu liter air lalu rendam kaki Anda di dalamnya selama lebih kurang 15 hingga 25 menit setiap malam selama satu minggu. Selain itu Anda juga bisa menambahkan sedikit baking soda ke dalam sepatu sebelum menggunakannya.

 

2 dari 3 halaman

Minyak Lavender

Ilustrasi kaki (iStockphoto)
Perbesar
Ilustrasi kaki (iStockphoto)

Tidak hanya aromanya yang segar, lavender juga dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab bau kaki. Kandungan antioksidan dan antijamur yang ada di dalamnya sangat efektif jika digunakan secara rutin. 

Rendamlah kaki minimal dua kali sehari selama 15-20 menit dengan menggunakan air hangat yang telah dicampurkan dengan beberapa tetes minyak esensial lavender.

Garam Epsom

Garam epsom mampu meminimalisir bau yang berasal dari kaki, karena kandungan megnesium sulfatnya mampu melawan mikroba dengan sangat baik. Anda bisa mencapurkan dua sendok makan garam epsom ke dalam bak kecil yang berisi air hangat, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk hasil terbaik, lakukanlah sebelum tidur.

 

3 dari 3 halaman

Teh Hitam

kantung teh
Perbesar
Ilustrasi kantung teh (iStockphoto)

Teh hitam dapat membantu membunuh bakteri yang menghasilkan aroma tidak sedap pada kaki. Teh hitam juga dapat membantu menutup pori-pori pada kulit sehingga mengurangi jumlah keringat pada area kaki. Cukup rendam dua kantong teh hitam dengan tiga cangkir air panas, lalu tambahkan beberapa air untuk menurunkan suhu larutan. Rendamlah kaki Anda selama 15-20 menit. Lakukanlah perawatan ini secara rutin selama satu minggu.

Cuka

Asam yang terkandung pada cuka akan membuat bakteri tidak mampu untuk bertahan lama. Rendamlah kaki Anda dengan menggunakan campuran cuka dengan empat gelas air hangat lebih kurang selama 10 hingga 15 menit.

*(Latifah Gusri)

 

Lanjutkan Membaca ↓