Sukses

Komedo Bisa Hilang Selamanya dengan 5 Cara Ini

Simak di sini beberapa cara menghilangkan komedo selamanya, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Komedo adalah musuh setiap orang yang ingin memiliki kulit cantik sempurna, apakah Anda salah satunya? Tidak peduli apapun produk yang digunakan rasanya komedo akan tetap berada di sana selamanya, benar?

Dilansir dari brit.co, Kamis (8/3/2018), komedo sebenarnya merupakan jenis jerawat yang terbuat dari sebum dan bakteri. Saat terkena udara, isi komedo akan teroksidasi, mengubahnya menjadi warna hitam.

Komedo paling sering muncul di hidung karena konsentrasi tertinggi kelenjar sebaceous ada di sana. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan komedo selamanya, penasaran?

1. Mengeluarkan asam

Jangan pernah menggunakan jari-jari tangan Anda, karena ini akan merusak kulit. Gunakan asam salisilat atau asam glikolat untuk menghilangkan komedo.

Eksfoliasi adalah satu cara untuk mengurangi sel-sel kulit mati dan kotoran, pilihlah produk yang mengandung asam hidroksi alfa, seperti glikolat, laktat, dan sitrat. Jika Anda gunakan secara rutin, cara ini akan membantu mencerna sel kulit mati di lapisan atas kulit.

2. Membunuh bakteri

Di luar eksfoliasi, sangat penting untuk menghilangkan berbagai kotoran dan bakteri yang membuat kulit semakin rusak. Carilah bahan-bahan seperti belerang.

Belerang merupakan antiseptik dan dapat membunuh bakteri, sedangkan arang bisa mengeluarkan bakteri. Memurnikan pori-pori adalah langkah pertama yang tepat untuk menghilangkan komedo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips menghilangkan komedo selamanya

3. Waspadai iklim

Bukan rahasia lagi jika perubahan musim dan cuaca dapat mempengaruhi kulit, hal yang sama berlaku bagi komedo. Di bulan-bulan yang hangat, kulit akan cenderung berminyak, menyebabkan folikel rambut tersumbat, dan menimbulkan komedo.

4. Mencoba retinoid

Retinoid dapat membantu mencegah komedo. Retinoid sangat bermanfaat dalam perputaran sel kulit.

Retinoid sebenarnya mengelupas kulit, untuk membersihkan folikel rambut yang tersumbat, dan mencegah penumpukan bakteri, serta sebum. Selalu lakukan tes pada kulit untuk memastikan bahwa pemakaian seterusnya akan baik-baik saja.

3 dari 3 halaman

Tips menghilangkan komedo selamanya

5. Jangan melewatkan tabir surya

Pilihlah tabir surya dengan bijak dan jangan pernah melewatkannya sekalipun. Pastikan Anda menggunakan produk non comedogenic, sehingga tidak ada risiko menyumbat pori-pori dan membuat komedo semakin buruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.