Sukses

Ini Bahayanya Bila Menggunakan Pakaian Baru Tanpa Dicuci

Kerap menggunakan langsung pakaian baru tanpa dicuci? Ini bahanyanya.

Liputan6.com, Jakarta Saat membeli pakaian di sebuah toko, pastinya Anda sudah tidak sabar untuk segera mengenakannya. Namun sayangnya tanpa disadari, bila Anda langsung mengenakan pakaian usai dibeli dapat memberikan dampak yang sangat buruk terhadap kesehatan kulit Anda.

Menggunakan pakaian baru tanpa mencucinya terlebih dahulu diyakini dapat merusak kulit. Hal ini dibenarkan oleh banyak ahli yang telah diuji dalam beberapa penelitian.

Dilansir dari Independent, Senin (26/02/18), seorang profesor dermatologi di University Medical Center Columbia, Donald Belsito, menyebutkan bahwa mengenakan pakaian baru tanpa dicuci terlebih dahulu dapat menyebabkan iritasi kulit, kudis, kutuan dan bahkan jamur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bakteri yang menumpuk

Anda bisa mmbayangkan berapa banyak orang yang telah mencoba dan mencocokkan pakaian tersebut pada tubuh mereka sebelum memutuskan untuk membelinya. Berapa banyak bakteri dan kuman yang sudah menempel dan bahkan tidak jarang dari mereka mengalami penyakit kulit yang dapat ditularkan kepada orang lain.

3 dari 3 halaman

Wajib Mencuci Pakaian Baru

Selain itu, senyawa pada pakaian yang digunakan sebagai bahan pengawet, pewarna, anti jamur dan anti kerut (resin formaldehid) juga memberikan pengaruh yang buruk seperti alergi dan gangguan kulit lainnya.  

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang hendak menggunakan pakaian baru untuk segera mencucinya dengan bersih agar dapat menghindari risiko berbahaya pada kulit.

*(Latifah Gusri)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.