Sukses

5 Cara Mudah Membersihkan Pakaian Berbahan Beludru

Simak beberapa cara mudah untuk membersihkan pakaian berbahan beludru.

Liputan6.com, Jakarta Beludru menjadi salah satu bahan kain yang kerap digunakan untuk gaun hingga pakaian sehari-hari. Namun banyak orang yang ragu untuk menggunakan beludru karena perawatannya yang cenderung rumit dan spesifisik. Dilansir dari Whowhatwear pada Senin (5/2/2018), ternyata ada beberapa cara mudah untuk membersihkan dan merawat pakaian berbahan dasar beludru.

1. Pahami apa itu beludru

Hal pertama yang perlu Anda pahami adalah bahwa beludru bisa dibuat dari berbagai jenis kain. Sebelum melakukan pencucian, sebaiknya periksa label pakaian yang mencantumkan kandungan materi dari pakaian Anda.

Ada jenis beludru sutra yang memiliki dominasi akhir spektrum yang mewah dan harus selalu dibersihkan dengan pembersih profesional. Selanjutnya ada velveteen yang berasal dari katun dan polyester yang memungkinkan untuk dicuci dengan tangan maupun mesin cuci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Cara Mudah Membersihkan Pakaian Berbahan Beludru

 

180204; Fansign @ Goyang Starfield 🐾

A post shared by BAE JOOHYUN (@irene.redvelget) on

2. Gunakan pembersih alami

Bahan pembersih ya alami menjadi hal terbaik untuk menghilangkan noda dari beludru. Salah satu metode yang disarankan untuk membersihkan beludru adalah menggunakan baking soda dan jus lemon. Anda juga bisa menggunakan deterjen khusus yang lembut. Campurkan pada air dingin di dalam baskom. Cuci dengan lembut pakaian tersebut menggunakan sedikit deterjen.

3. Cuci dengan lembut

Sekali lagi, pastikan kandungan kain yang digunakan dalam label pakaian. Ini akan menentukan bagaimana Anda harus mencucinya. Selalu gunakan air dingin dan hindari pengering. Cara mencuci beludru harus satu per satu dengan lembut. Jangan campur pencucian bahan beludru dengan denim.

3 dari 3 halaman

5 Cara Mudah Membersihkan Pakaian Berbahan Beludru

4. Gunakan steamer

rAnda bisa merawat beludru dengan steamer. Steamer menjadi jenis pengering yang paling aman untuk pakaian berbahan beludru karena tidak akan merusak pakaian Anda. Dengan menggunakan steamer akan membuat pakaian berbahan beludru menjadi lebih nyaman digunakan.

5. Jangan ambil pusing

Untuk pakaian beludru yang diberi label "dry clean only", pastikan Anda mematuhi petunjuk perawatannya. Untuk pakaian yang lebih mewah, pastikan untuk bekerja dengan pembersih kering yang Anda percaya. Intinya, segala perhatikan petunjuk yang terdapat pada label pakaian. Ini akan membantu Anda menentukan jenis pencucian yang tepat khususnya untuk beludru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini