Sukses

Inilah Manfaat Jamur untuk Membuat Anda Awet Muda

Ternyata jamur bisa membuat Anda awet muda jika dikonsumsi secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Jamur merupakan makanan yang banyak digunakan sebagai bahan makanan yang lezat. Dari mulai sup jamur, campuran pasta hingga dikonsumsi secara langsung. Tapi tahukah Anda, bahwa ternyata jamur memiliki manfaat dalam hal kecantikan?

Dilansir dari laman hellomagazine.com, jamur merupakan jenis makanan yang mengandung antioksidan tingkat tinggi yang bisa membantu melawan penuaan dini yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat stres dan radikal bebas. Akademisi di Penn State menemukan bahwa jamur yang biasa dikonsumsi sehari-hari mengandung ergothioneine dan glutathionedalam jumlah tertinggi, di mana kedua hal tersebut merupakan antioksidan penting yang baik bagi tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Robert Beelman juga menyatakan bahwa, ketika tubuh seseorang menggunakan makanan untuk menghasilkan energi, ia juga menyebabkan stres oksidatif yang merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. Namun dengan menambahkan antioksidan dari makanan seperti jamur, tubuh tersebut dapat melindungi diri dari stres oksidatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jamur

Ilustrasi Foto Jamur (iStockphoto)

Di antara beberapa jamur yang digunakan untuk memasak, telah diuji bahwa jamur jenis Porcini yang sangat populer di Italy ini memiliki tingkat ergothioneine dan glutathione paling tinggi dibandingkan jenis lainnya. Beelman pun menegaskan bahwa penelitian selanjutnya yang Ia lakukanakan menunjukkan bagaimana peran ergothioneine dan glutathioneyang terdapat pada jamur dalam mengurangi kemungkinan penyakit neurodegenerative, seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Jamur

Jamur, Makanan Kerajaan Peningkat Stamina

Untuk merasakan manfaatnya, jangan ragu untuk memasukkan jamur sebagai menu sehari-hari. Namun tetap ingat untuk mengontrolnya dalam jumlah yang normal, ya. Selamat mencoba!

(Rizqi Rosmalawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini