Sontek Tips Berbusana untuk Setiap Bentuk Tubuh di Sini

Oleh Annissa Wulan pada 13 Okt 2017, 08:15 WIB
Diperbarui 13 Okt 2017, 08:15 WIB
Sontek Tips Berbusana untuk Setiap Bentuk Tubuh di Sini
Perbesar
Ketahui di sini dengan lengkap tips berbusana untuk setiap bentuk tubuh, penasaran? (Foto: istockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Satu hal yang penting dan perlu diingat ketika Anda memilih busana adalah kesesuaian dengan bentuk tubuh yang Anda miliki. 

Sampai sekarang, masih banyak orang yang salah memilih busana dan tidak sesuai dengan bentuk tubuh yang dimiliki. Dilansir dari sheknows.com, Jumat (13/10/2017), berikut ini adalah beberapa tips berbusana untuk setiap bentuk tubuh. Penasaran?

1. Bentuk tubuh pir

Sifat tubuh pir adalah tubuh bagian bawah lebih lebar. Tubuh bagian bawah membulat dan pinggang terbentuk dengan baik. Bagian tubuh terbaik adalah bahu dan torso, sehingga ketika memilih busana, adalah yang dapat menekan pinggang dan lengan, serta menambahkan volume pada bahu atau tubuh bagian atas.

Sebagai patokan, garis leher untuk busana harus menonjolkan bahu dan pinggang. Pilihlah hemlines yang menarik secara visual dan tipis di bagian pinggul, serta paha.

Cobalah beberapa busana, seperti rok A-line, celana, rok, atau gaun yang lebar, atasan berwarna terang dan bawahan berwarna gelap, busana dengan kerah persegi atau berbulu, gaun tanpa tali, ruffle pada tubuh bagian atas, jaket di atas pinggang, dan pointy-toed shoes untuk membuat kaki Anda semakin terlihat jenjang untuk bentuk tubuh pir.

 

 

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bentuk tubuh wedge

2. Bentuk tubuh wedge

Sifat tubuh wedge dikenal juga dengan segitiga terbalik, memiliki dada dan bahu yang lebar, dengan pinggang dan pinggul yang sempit. Bagian tubuh terbaik adalah kaki, sehingga ketika memilih busana, adalah yang dapat menonjolkan tubuh bagian bawah.

Untuk jenis tubuh ini, perhatikan bagian tubuh mana saja yang Anda suka dan tidak suka. Shapewear adalah satu keharusan bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh wedge.

Cobalah menggunakan warna cerah untuk bawahan, celana berkaki lebar, rok yang penuh, dan gaya high waisted. Jangan memakai atasan dengan spaghetti strap dan memakai atasan dengan leher bergaris.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bentuk tubuh persegi panjang

3. Bentuk tubuh persegi panjang

Sifat tubuh persegi panjang adalah lebar di bagian pinggang, pinggul, dan bahu yang sama. Bagian tubuh terbaik adalah lengan dan kaki, sehingga ketika memilih busana, adalah yang bisa membuat lekuk dan memamerkan kaki, serta lengan Anda yang ramping.

Untuk jenis tubuh ini cobalah busana yang memiliki leher bergaris, rok pensil, dan ikat pinggang. Cobalah beberapa busana, seperti atasan dan bawahan yang bisa membentuk lekukan, jaket panjang yang membuat tubuh terlihat ramping, atasan dengan kerah, ruffle, dan detail yang menonjolkan bagian dada, menggunakan bra yang baik, menambahkan layer untuk kesan dimensi, dan busana beraksen balon di bagian lengan. Jangan menggunakan busana yang terlalu berlebihan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bentuk tubuh apel

4. Bentuk tubuh apel

Sifat tubuh apel adalah sebagian berat badan berada di atas pinggul yang sempit, sedangkan bagian punggung, tulang rusuk, dan bahu lebih luas. Bagian tubuh terbaik adalah kaki, sehingga ketika memilih busana, adalah yang dapat memamerkan kaki Anda.

Untuk bentuk tubuh ini, pilihlah gaun yang memiliki garis leher memanjang, seperti V, tali A, atau staples. Cobalah beberapa busana, seperti tampilan monokromatik, v-neck, bra yang dapat mengangkat payudara Anda, ikat pinggang yang bisa mengecilkan tampilan pinggang, sepatu boots dan celana jeans lebar, serta rok yang pendek.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bentuk tubuh jam pasir

5. Bentuk tubuh jam pasir

Sifat tubuh jam pasir adalah pundak dan pinggul memiliki proporsi yang sama. Bagian tubuh terbaik adalah lekukan pinggang Anda, sehingga saat memilih busana usahakan yang dapat memamerkan lekuk tubuh Anda.

Kunci untuk memilih busana bagi si pemilik tubuh jam pasir adalah keseimbangan antara proporsi payudara, pinggul, dan paha. Coba beberapa busana, seperti bra yang baik, gaun yang pas, ikat pinggang di pinggang, rok berpinggang tinggi, bahan busana yang tipis dan ringan, dan celana jeans yang lurus. Jangan sembunyikan lekuk tubuh Anda dengan busana yang longgar.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya