Sukses

Pasar Kreasi Indonesia, Dukung Promosi Produk Dalam Negeri

Kemendag dan Plaza Indonesia menghadirkan Pasar Kreasi Indonesia untuk mempromosikan produk kreatif dalam negeri yang siap ekspor.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki kekayaan budaya, sumber daya manusia yang mampu menciptakan produk-produk kreatif. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus mendukung upaya pembangunan produk kreatif Indonesia dalam mendorong peningkatan ekspor. Kali ini Kemendag bekerja sama dengan pusat perbelanjaan Plaza Indonesia menggelar Pasar Kreasi Indonesia pada 21-24 Agustus 2017.

Pameran yang mengusung tema I Love Indonesia ini akan digelar di salah satu mal terbesar di Jakarta, Plaza Indonesia. Sebanyak 31 perusahaan yang sudah terseleksi akan mendapat kesempatan menghadirkan produk kreatif mereka di mal.

"Kehadiran Pasar Kreasi Indonesia bertujuan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan serta mempromosikan produk bernilai tambah di pusat perbelanjaan," kata Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, saat pembukaan acara pada Rabu (30/8/2017).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Produk-produk yang dihadirkan

Pada Pasar Kreasi Indonesia ini hadir beragam kategori produk untuk mengarahkan pelaku usaha siap dengan kegiatan ekspor. Sederet produk kreatif yang bernilai jual ekspor ini di antaranya kain tradisional Indonesia, fashion, hingga dekorasi rumah dan mebel. Hasil karya perajin dan pelaku usaha lokal ini dapat Anda temukan di lantai 3 dan 4 Plaza Indonesia.

"Produk yang terseleksi dibuat oleh tangan kreatif Indonesia, yang dengan cerdasnya memadukan material alam Indonesia, seperti kayu, rotan, bambu dengan menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Nantinya dapat membawa nama Indonesia hingga mancanegara," kata Mendag.

3 dari 3 halaman

Konsep pameran yang unik

Pameran ini hadir dengan konsep pop-up store modern yang terintegrasi dengan kualitas, keunikan, dan segmentasi pasar yang jelas. Kehadiran pelaku usaha dan merek lokal di pusat perbelanjaan premium Ibu Kota ini tentunya menjadi bukti bahwa produk Indonesia memiliki diferensiasi dan keistimewaan sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dan produk-produk lokal ini juga tidak kalah bersaing dengan merek internasional di Plaza Indonesia.

Plaza Indonesia mendukung program pemerintah khususnya sektor perdagangan. Sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar, Plaza Indonesia menghadirkan berbagai program bagi konsumen maupun pelaku usaha, salah satunya memberikan ruang untuk usaha lokal ikut berkembang.

"Dengan Pasar Kreasi Indonesia diharapkan dapat meningkatkan daya saing pelaku industri ritel lokal guna memenuhi permintaan pasar yang semakin beragam dan sesuai dengan gaya hidup urban saat ini," kata Arnes Lukman, Chairman Plaza Indonesia Foundation.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.