7 Fakta Menarik Fashion Stylist Pendongkrak Gaya Para Aktris

Oleh Novi Nadya pada 20 Jul 2017, 14:24 WIB
Diperbarui 20 Jul 2017, 14:24 WIB
Erich Al Amin
Perbesar
Erich Al Amin bersama Mikha Tambayong saat menggarap musik video Mikha (Foto: Dok. Erich Al Amin)

Liputan6.com, Jakarta Kita tidak akan pernah tahu bagaimana rasa dan sistem kerja seorang fashion & celebrity stylist sebelum belajar langsung dari yang sudah lebih dulu berkecimpung. Bagi Anda yang tertarik menjadi bagian di dalamnya, tidak perlu malu, takut, atau gengsi untuk memulai dari awal dengan menjadi seorang asisten atau internship.

Seperti pengalaman fashion & celebrity stylist Erich Al Amin yang menangani banyak selebritas mulai dari penyanyi, presenter, dan aktris . seperti Raisa, Luna Maya, Ashanty, Nindy, Aurel Hermansyah dan masih banyak lagi.

Erich Al Amin pun membagi pengalaman dan perjuangannya sebagai fashion stylist yang menarik dan belum banyak diketahui orang. Ya, di balik gemerlapnya penampilan seorang selebritas, ada seorang fashion & celebrity stylist yang mempersiapkan segalanya berjalan baik dan si bintang tampil bersinar.

Research & Be Inspired

Sebagai seorang fashion & celebrity stylist, kita dituntut untuk tahu sejarah dan perkembangan dunia mode. Mulai dari koleksi busana terbaru lansiran suatu rumah mode, tren busana sampai referensi styling dari hasil photoshoot mancanegara.

"Banyak orang harus tahu kreativitas dan seni pada dasarnya adalah meniru. Segalanya hanyalah sebuah proses repetisi dari yang sudah ada, agar diubah menjadi sesuatu yang baru. Kita boleh meniru atau terinspirasi, tapi tidak boleh sama persis 100%. Harus tetap ada yang membedakan agar menjadi orisinil," jelas Erich pada Liputan6.com.

 

"Somewhere someone is thinking of you, wishing one day somewhere somehow you'll meet." - 👕 @the.clink

A post shared by Erich Al Amin (@erichalamin) on

Word Of Mouth

Setiap fashion & celebrity stylist memiliki ciri dan keunikannya sendiri. Kita harus mencari ciri khas styling untuk diri sendiri. Penting untuk merencanakan momentum penting agar hasil styling kita diingat orang dan artis tersebut dipuji gaya busananya. Dengan begitu nama kita juga akan dikenal banyak orang.

 

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

7 Fakta Menarik Fashion Stylist Pendongkrak Gaya Para Aktris

Be Professional

 

Sebagai seorang fashion & celebrity stylist, wajib menjaga hubungan baik dengan para desainer yang kita pinjam bajunya. "Sometimes you might need to use your money (jika ada baju yang rusak akibat kelalaian kita jangan ragu untuk menggantinya). Bertanggung jawablah terhadap tenggat waktu busana yang kita pinjam dan kembalikan busana tersebut dalam keadaan baik seperti saat meminjam."

 

Skill Menjahit & Punya Ide Cadangan

Meski segala sesuatu dirasa sudah dipersiapkan secara sempurna, ada kalanya tetap menemui kendala di hari H. Skill dasar yang seharusnya dimiliki para celebrity & fashion stylist adalah menjahit dan mempunyai plan b (jika plan a tidak berjalan lancar).

"Misalnya saat ritsleting penyanyi Nindy jebol saat turun mobil, aku bawa opsi busana lain. Perlu diingat busana cadangan harus sebagus pilihan pertama. Atau saat Raisa yang lebih kurus saat hari H, aku harus mengecilkannya dengan jahit tangan," cerita Erich.

Begitu juga dengan Ashanty, lanjut Erich, kala itu ia memakai dress dengan model rok mengembang. Ashanty pun harus naik panggung tinggi disertai angin kencang. Alhasil roknya tertiup angin. Lagi-lagi peran Erich dibutuhkan untuk memastikan kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti mengingatkan Ashanty untuk memakai basical pants.


Jangan Gampang Baper dan Maksa

Terjun ke dunia fashion membutuhkan mental yang kuat dan tahan banting. Kita jangan pernah marah dan berhenti mencoba jika busana yang ingin kita pinjam dari desainer tidak di-approve (kita harus menghormati apa pun alasan dari penolakan).


Atau ketika busana yang kita pilihkan untuk klien kurang cocok dan minta dicarikan lagi. Jangan sampai lupa jika setiap aktris memiliki karakter yang berbeda-beda.

Tugas seorang fashion & celebrity stylist yang harus mempelajari karakter dan jangan memaksa mereka untik mengenakan sesuatu yang bukan gaya mereka. Atau ketika harus rela panas-panasan di lokasi shooting dengan durasi waktu yang panjang.


Pintar atur finansial

"Ingat bahwa kita ini freelancer. Kita tidak memiliki gaji tetap, uang makan, atau THR. Jadi uang yang kita peroleh harus diatur dengan baik untuk simpanan ketika sedang sepi kerjaan."


Dapat Dipercaya

Jika sudah dipercaya oleh selebritas untuk menangani gaya busana mereka, kita juga harus menjaga kepercayaan mereka dengan tidak mengumbar kehidupan pribadi atau kebiasaan buruk mereka ke orang asing.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya