Trik Mudah Mengurangi Minyak pada Kulit Kepala dan Rambut

Oleh Liputan6.com pada 17 Mei 2017, 18:23 WIB
Trik Mudah Mengurangi Minyak Pada Kulit Kepala dan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Kondisi rambut berminyak sama seperti kulit berminyak. Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi kulit kepala berminyak untuk kebaikan rambut Anda. Tentu saja, berurusan dengan rambut berminyak dapat menjadi hal yang sangat sulit karena dapat mempengaruhi kulit kepala serta rambut Anda untuk jangka waktu yang panjang.

Ketika cuaca panas dan terik, produksi di kulit kepala meningkat lebih tinggi karena paparan sinar matahari. Tentu saja hal ini akan terasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada cara-cara mudah yang dapat Anda coba untuk mengatasi permasalahan kulit kepala berminyak. Seperti yang dilansir dari Boldsky, Selasa (16/5/2017) berikut ini.

1. Menggunakan bedak bayi

Menggunakan bedak bayi adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah kulit kepala berminyak. Ambil bedak bayi secukupnya dan taburi pada kulit kepala berminyak. Lalu, sisir rambut dengan lembut. Bedak bayi dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit kepala dan menjadikannya kering untuk sementara waktu.

2. Gunakan dry shampoo

Dry shampoo dapat membantu menyerap minyak berlebih dari kulit kepala serta mengurangi minyak pada akar rambut. Selain itu, dry shampoo juga dapat menyerap keringat pada kulit kepala. Gunakan dry shampoo pada kulit kepala berminyak untuk membuat rambut tetap kering dan sehat. 

3. Kurangi keramas

Untuk mencegah minyak yang berlebihan pada kulit kepala, Anda harus mencegah menggunakan banyak sampo. Sebaiknya tidak melakukan keramas setiap hari, karena justru akan membuat produksi minyak di kulit kepala semakin meningkat. Keramaslah secara rutin setiap dua kali sehari. 

2 of 2

4. Gunakan kondisioner yang tepat

Mencoba cara super mudah dan efektif ini untuk menjaga kulit kepala Anda dari kulit kepala berminyak.(foto: Istockphoto)

Menggunakan kondisioner yang berlebihan atau dengan kualitas yang buruk akan menjadi masalah yang merepotkan pada rambut Anda. Jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, gunakan kondisioner secara bertahap, mulai dari akar rambut hingga kulit kepala. Sebaiknya pilih kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. 

5. Hindari alat pengering rambut

Tahukah Anda sering menata rambut menggunakan alat pemanas rambut ternyata dapat menghasilkan tambahan minyak pada kulit kepala? Panas yang dihasilkan oleh alat styling rambut atau pengering rambut dapat membuat produksi minyak berlebih di kulit kepala. Jika ingin mengubah gaya atau ingin mengeringkan rambut Anda, cobalah hindari menggunakan styling rambut untuk menyelamatkan rambut Anda dari kerusakan. Biarkan rambut kering secara alami. 

6. Pilih jenis sisir yang tepat

Memilih jenis sisir yang tepat dapat menjadi metode lain untuk mencegah akumulasi minyak di kulit kepala. Jika Anda menggunakan semprotan rambut atau gel rambut, secara bertahap dapat membentuk penumpukan kotoran pada sisir. Menggunakan sisir yang kotor juga dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada kulit kepala dan mendistribusikannya secara merata sepanjang kulit kepala. Jadi, selalu memilih jenis sisir rambut yang tepat untuk menyisir rambut Anda.

Ine Yulita sari

Lanjutkan Membaca ↓