8 Bahan Dapur yang Bisa Digunakan untuk Mencerahkan Kulit

Oleh Liputan6 pada 07 Apr 2017, 11:00 WIB
Diperbarui 07 Apr 2017, 11:00 WIB
Kulit Cerah
Perbesar
Berikut bahan alami yang ada di dapur Anda untuk putihkan kulit secara aman. (Foto: Istock)

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kulit cerah adalah idaman banyak wanita. Tapi kegiatan yang padat dan membuat kulit terpapar sinar matahari, polusi, dan reaksi kimia lainnya, membuat kulit menjadi kusam dan membuat penampilan tidak menarik. Untuk mengembalikan kulit menjadi cerah tentu diperlukan usaha yang tak gampang dan tidak cepat. 

Dibutuhkan komitmen dan produk yang tepat untuk mengembalikan pesona kulit cerah Anda. Cara aman yang bisa dilakukan ialah dengan mengaplikasikan produk-produk alami yang memiliki kemampuan mencerahkan kulit. Salah satunya dengan mengaplikasikan bahan alami yang aman dan minim efek samping. 

Dilansir dari situs boldsky.com, Jumat (7/4/2017) berikut bahan dapur yang bisa digunakan untuk mencerahkan kulit Anda. Apa saja? 

1. Yogurt 

Yogurt adalah produk susu yang penting untuk membantu meringankan kulit secara alami dan memberikan Anda kulit bercahaya. Karena asam laktat yang ditemukan dalam yogurt, dapat membantu untuk mencerahkan kulit secara alami. Ambil beberapa yogurt segar dan terapkan pada wajah. Pijat untuk beberapa waktu dan cuci dengan air setelahnya. Cara lain untuk menggunakan yogurt untuk mencerahkan  kulit adalah dengan menambahkan beberapa madu pada yoghurt dan mengaplikasikannya pada wajah. Kemudian, bilas dengan air hangat.

2. Tomat
Tomat kaya Vitamin c, yang membantu untuk mencerahkan kulit Anda secara alami. Karena sifat asam pada tomat, membantu untuk mencerahkan kulit Anda secara alami dan juga membantu untuk menjaga tingkat pH pada kulit. Potong beberapa tomat segar dan gosok pada wajah. Biarkan kering dan cuci dengan air dingin.

3. Almond dan Bubuk Cendana
Rendam beberapa almond semalaman dan haluskan. Campurkan dua sendok almond dan dua sendok bubuk cendana. Lalu tambahkan susu untuk mendapatkan tekstur seperti past. Oleskan masker ini pada wajah Anda dan cuci dengan air dingin. Bubuk cendana mengandung sifat alami pencerah kulit dan juga membantu untuk mengurangi produksi melanin. Almond mengandung bahan alami yang membantu untuk mencerahkan kulit secara alami.

4. Masker Pepaya dan Madu
Ambil satu pepaya dan hancurkan itu untuk mendapatkan tekstur halus. Sekarang, tambahkan beberapa sendok madu dan campurkan. Oleskan masker ini pada wajah dan bilas setelah 20 menit dengan air hangat. Pepaya mengandung enzim penting dan asam alpha hidroksi yang membantu untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, sehingga membuat ke kulit bercahaya. Masker ini umumnya baik untuk kulit berminyak dan normal, agar hasil optimal, aplikasikan setiap malam sebelum tidur. 

5. Putih Telur
Putih telur dapat membantu dengan mudah menyingkirkan sel-sel kulit mati dan juga membantu mencerahkan kulit Anda. Ambil satu telur dan pisahkan putih telurnya. Sekarang oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Masker ini membantu mencerahkan sekaligus mengencangkan kulit Anda.  

Ine Yulita Sari