Sukses

Mata Lelah Terlalu Banyak Lihat Layar? Atasi dengan Ini

Mata lelah merupakan gangguan yang umum dialami saat ini karena melihat layar komputer dan gawai berlebihan. Bagaimana mengatasinya?

Liputan6.com, Jakarta Mata lelah merupakan gangguan yang umum dialami saat ini. Maklum saja, layar komputer dan gawai merupakan benda yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan. Padahal layar merupakan salah satu penyebab mata lelah.

Otot mata bekerja lebih keras saat melihat layar. Sehingga penggunaan komputer dan gawai yang lama berisiko tinggi dalam menyebabkan mata lelah.

Proteksi dari sinar biru layar seperti menggunakan kacamata anti radiasi memang dapat mengurangi pengaruh buruk layar terhadap mata. Namun, jika sudah telanjur mengalami mata lelah, Anda pun membutuhkan perlakuan khusus.

Dilansir Liputan6.com, Rabu (5/4/2017), dari berbagai sumber, menghilangkan mata lelah bisa dilakukan dengan cara melatihnya. Sirkulasi darah yang baik ke daerah mata sangat baik untuk mengurangi rasa lelah pada mata.

Bagaimana cara melakukannya? Cukup mudah. Pertama, Anda dapat duduk dengan tegap dan melihat ke arah depan. Kemudian tundukkan kepala Anda dan konsentrasi untuk melindah lantai.

Selanjutnya, arahkan pandangan ke arah langit-langit dan konsentrasikan pandangan ke sana. Ulangi hal itu berkali-kali untuk mengurangi mata lelah.

Kedua, lakukan gerakan mata melingkar searah jarum jam dan sebaliknya. Selanjutnya, Anda dapat melihat sebanyak mungkin yang Anda bisa, tetapi bukan di layar. Kemudian, cobalah mengingat-ingat apa yang sudah dilihat. Terakhir Anda dapat merelaksasi mata dengan menaruh irisan timun dingin di kedua mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.