Sukses

Ubah Warna Jubah, Raja Salman Terlihat Makin Gagah

Dari beberapa warna jubah atau bisht yang dikenakan, Raja Salman terlihat semakin gagah dengan warna ini.

Liputan6.com, Jakarta Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia menyita perhatian dunia. Di luar kepentingan bilateral, ada hal yang menarik untuk disimak yaitu penampilan Raja Salman di hari pertama mendarat di tanah air.

Raja Salman terlihat menggunakan jubah panjang yang diketahui bernama bisht. Bisht adalah pakaian tradisional berbentuk jubah untuk pria Arab. Jubah ini biasanya terbuat dari wol dengan varian warna putih, cokelat, abu-abu, dan hitam. Kata bisht sendiri berasal dari bahasa Persia yang menggambarkan kedudukan seorang pria.

Berikut tampilan Raja Salman dalam balutan jubah emas termahal di dunia.

Awalnya bisht dikenakan pada musim dingin oleh suku pedalaman di Arab. Belakangan bisht hanya dikenakan saat acara khusus seperti pernikahan, festival, wisuda, dan Idul Fitri. Kini jubah tersebut juga digunakan sebagai pakaian formal untuk politisi, ulama, dan petinggi negara di Arab.

Proses pembuatan bisht ini juga menggunakan teknik khusus. Hal ini mengapa teknik dan keterampilan menjahit bisht diturukan dari generasi ke generasi.

"Bishts pertama kali dibuat di Persia. Jubah ini sampai di Arab Saudi setelah diperkenalkan oleh pembuat bisht yang datang ke sini untuk haji atau umrah," ungkap Abu Salem, seorang penjahit Arab Saudi dari Al-Ahsa yang dilansir dari situs ArabNews, Kamis (2/3/2017).

Berikut tampilan Raja Salman dalam balutan jubah emas termahal di dunia.

Terdapat tiga jenis bordir yang digunakan dalam pembuatan bisht yaitu jahitan emas, perak, dan jahitan sutera. benang pada bisht ini disebut zari yang umumnya berwarna emas dan perak.

"Black bishts dengan jahitan emas adalah yang paling populer, setelah cokelat dan putih. Saat ini warna sudah bervariasi biru dan maroon juga menjadi pilihan favorit" kata Abu Salem.

Untuk satu jubah bisht dihargai berkisar Rp 400 ribu hingga yang paling mahal 20 ribu Riyal Arab Saudi atau setara dengan Rp 70 juta. Jubah yang paling mahal biasanya dirancang khusus untuk raja dan pangeran.

Berikut tampilan Raja Salman dalam balutan jubah emas termahal di dunia.

Begitu juga dengan Raja Salman yang terlihat menggunakan bisht berwarna hitam dan cokelat yang didesain khusus. Jubah mewah ini dipadukan sang raja dengan surban bermotif kotak-kotak. Pada bagian dalam Raja Salman menggunakan gamis berwarna putih.

Namun saat berkunjung ke Istana Bogor, Raja Salman mengganti jubah cokelatnya menjadi warna hitam. Dengan warna hitam, Raja Salman terlihat semakin gagah di usian 81 tahun. Setuju?

Sementara untuk menyempurnakan penampilannya, Raja Salman yang berjalan berdampingan dengan presiden Indonesia Joko Widodo terlihat menggunakan sepatu formal berwarna senada dengan bisht yang digunakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.