Sukses

Serba-serbi Menggunakan Lensa Kontak bagi Pemula

Bagi pemula, penggunaan lensa kontak mungkin sedikit merepotkan. Begini tipsnya supaya nyaman dan aman.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemula, penggunaan lensa kontak mungkin sedikit merepotkan. Rasa takut untuk menaruh benda asing di mata sangat mungkin muncul saat baru akan mencobanya. Namun, setiap orang memiliki kali pertama, sehingga Anda pun dapat menjadi ahli dengan sering latihan.

Willy Hadikoesoemo, Chief Operating Officer Holicat, memberikan tips menggunakan lensa kontak bagi pemula kepada Liputan6.com. Setidaknya ada 5 hal yang Anda harus perhatikan saat menggunakan lensa kontak.

1. Kebersihan
Hal ini sangat penting bagi pengguna lensa kontak. Sebab, lensa kontak yang tidak bersih akan memicu infeksi. Karena pastikan sebelum memasang dan melepas lensa kontak, jari-jari Anda bersih.

2. Saat mencopot lensa kontak
Saat pulang beraktivitas dan hendak tidur, Anda wajib melepas lensa kontak. Anda pun perlu menyimpannya di kotak khusus dan diberi cairan atau solution.

"Solution ini dapat melembapkan lensa kontak dan membersihkannya, membunuh kuman-kuman. Sehingga terasa seperti baru kalau dipakai lagi," ujar Willy di Jakarta, akhir pekan lalu. 

Serba serbi lensa kontak

3.  Adaptasi
Orang yang sudah terbiasa memakai lensa kontak mungkin akan merasa biasa saja saat benda itu baru dipasang. Namun, bagi orang yang tidak terbiasa mungkin akan merasa ada yang mengganjal di mata.

"Namun biasanya hal itu akan segera hilang beberapa detik setelah memakainya. Semakin terbiasa, semakin cepat waktu adaptasinya," kata Willy.

4. Saat lensa kontak bergeser
Lensa kontak mungkin bisa tidak terpasang pas di lensa mata. Maka hal yang perlu lakukan adalah mengedip-edipkan mata supaya lensa kontak kembali ke tempatnya.

Memilih warna lensa kontak

5. Pilih warna yang tepat
Warna lensa kontak akan menentukan efeknya di mata Anda. Lensa kontak akan memberikan efek mata yang lebih besar dan berkarakter. Warna lensa kontak juga perlu disesuaikan dengan makeup supaya terlihat lebih serasi.

Lensa kontak Holicat

Holicat sendiri memiliki beberapa pilihan warna yang memiliki karakter berbeda-beda. Warna abu-abu yang seksi, warna cokelat tua yang cantik, warna cokelat muda yang lucu, warna hezel yang mirip Barbie, warna biru yang funky, dan warna hitam yang misterius.

Holicat merupakan merek lensa kontak asal Korea yang telah dipasarkan di Indonesia sejak 2013. Selain pilihan warna yang beragam, Holicat juga aman dan nyaman untuk digunakan. Sebab, lensa kontak itu mengadaptasi teknologi sandwich, yakni lapisan berwarna dilapisi dua lapisan bening sehingga tidak akan menimbulkan gesekan pada mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.