Sukses

6 Gerakan untuk Tidur Lebih Nyenyak

Gerakan-gerakan ini bisa membantu Anda lebih mudah tertidur dengan kualitas yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Sulit tidur merupakan permasalahan yang pernah dialami setiap orang. Bedanya, ada orang yang sering mengalaminya dan ada juga yang tidak.

Mungkin ada banyak cara untuk menghilangkan permasalahan tersebut. Misalnya dengan dengan membuat tubuh rileks, minum susu dan berendam air hangat. Namun jika solusi itu belum juga dapat membuat Anda tidur dengan nyenyak, barangkali gerakan-gerakan ini bisa membantu Anda, seperti dilansir dari Mirror, Jumat (11/11/2016).

1. Bernapas melalui lubang hidung kiri
Metode yoga ini dapat mengurangi tekanan darah dan menenangkan Anda. Untuk mendapatkan manfaat dari gerakan ini, Anda dapat berbaring kemudian menutup lubang hidung sebelah kanan dan mulainya bernapas.

2. Remas dan rileks
Membuat otot-otot rileks dapat mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur. Supaya lebih mudah rileks, Anda dapat berbaring, mengambil napas dalam-dalam melalui hidung. Di saat bersamaan, Anda dapat menegangkan otot-otot kaki dan cobalah untuk menekuk jari-jari kaki ke arah dalam, lalu lepaskan.

Gerakan untuk tidur nyenyak

3. Cobalah untuk tetap terbangun
Otak Anda akan tertantang untuk melawan. Tindakan ini disebut paradoks tidur, yang justru membantu Anda untuk lebih cepat tidur.

4. Memutar mata
Menutup kelopak mata dan memutar bola mata Anda dapat membantu untuk lebih mudah tidur. Sebab, gerakan ini dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon tidur.

Gerakan untuk tidur nyenyak

5. Tekan area ini
Letakkan ibu jari Anda di area antara alis di atas hidung. Tekan ringan selama 20 detik dan lepaskan, ulangi dua kali.

6. Atur napas
Bernapas dengan perlahan secara alami akan membantu Anda untuk lebih mudah tertidur. Atur napas Anda lebih lambat, tarik napas panjang dan buang perlahan lebih lama dari waktu Anda menarik napas. Anda akan tertidur setelah beberapa menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini