Sukses

Kini Abadi, Kuat dalam Gelap Misteri Rancangan Mel Ahyar

Dalam IPMI Tren Show 2017, Mel Ahyar melakukan kolaborasi apik dengan seorang seniman lukis ternama, Jeihan, penasaran? Lihat di sini.

Liputan6.com, Jakarta Peragaan busana Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) Tren Show 2017 kembali meramaikan dunia mode Indonesia untuk tahun yang ke-30. Diselenggarakan selama empat hari sejak hari ini, Selasa (8/11/2016), beberapa perancang busana ternama Indonesia tampil unjuk gigi dengan memamerkan berbagai koleksi terbarunya.

Salah satu yang tak pernah absen membuat decak kagum penggemar rancangannya adalah Mel Ahyar. Berkolaborasi dengan seorang seniman ternama Indonesia, Jeihan, Mel Ahyar mempersembahkan 20 baju yang dirancangnya secara eksklusif.

Dalam koleksinya kali ini, Mel Ahyar berusaha menerapkan perjalanan karier Jeihan dan adibusana dunia sejak tahun 1950. Tahun tersebut dipilih karena merupakan era kebangkitan Jeihan setelah jatuh bangun melawan penyakitnya.

Penerapan siluet busana dalam koleksi kali ini dipilih mulai dari tahun 1950 hingga 200-an. Khusus pada tahun 60-an, Mel Ahyar menonjolkan kesan klasik dan elegan dalam busana berpotongan longgar dan mengembang.

Sedangkan karakter di tahun 70 hingga 80-an diwakili oleh siluet besar, cenderung longgar, dan celana berpotongan lebar. Di tahun 90-an, Mel Ahyar menggambarkan gaya individualis dan vintage melalui siluet a-line, edgy, mewah, elegan, dan unik.

Koleksi busana Mel Ahyar berkolaborasi dengan Jeihan bertajuk Kini Abadi dalam IPMI Tren Show 2017, Selasa (8/11/2016).

Teknik layering dari bahan ringan, seperti organza, silk gazard, silk tulle, dan taffeta juga digunakan untuk memanipulasi bentuk tubuh dan potongan busana, agar terkesan berat dan penuh.

Dari 20 baju yang dipamerkan, lima di antaranya dibuat khusus dalam siluet kain yang dilukis langsung oleh Jeihan dan menjadi masterpices dari koleksi Mel Ahyar kali ini. Sedangkan 15 baju lainnya merupakan kombinasi ide dari kedua seniman ini yang dituangkan dalam teknik digital art dan couture detail.

Koleksi busana Mel Ahyar berkolaborasi dengan Jeihan bertajuk Kini Abadi dalam IPMI Tren Show 2017, Selasa (8/11/2016).

Koleksi ini layaknya persimpangan antara karier Jeihan dan perjalanan adibusana di tahun 1950. Jeihan sendiri adalah seorang pelukis yang dikenal dengan ciri khas lukisannya berupa figur-figur manusia bermata hitam tajam.

Koleksi busana Mel Ahyar berkolaborasi dengan Jeihan bertajuk Kini Abadi dalam IPMI Tren Show 2017, Selasa (8/11/2016).

Menurut Jeihan, mata hitam adalah sikap manusia untuk selalu melihat lebih dalam dan lebih jauh lagi.

Koleksi bertajuk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.