Tak Disangka, Jenis Sepatu Ini Ternyata Memiliki Risiko Kesehatan

Oleh Ivana Sitanggang pada 10 Nov 2016, 16:30 WIB
Diperbarui 10 Nov 2016, 16:30 WIB
20151028-Ilustrasi-High-Heels
Perbesar
Ilustrasi Sepatu (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti mengira, sepatu hak tinggi yang akan menjadi daftar pertama sepatu yang tidak baik untuk kesehatan. Padahal, ternyata tak hanya jenis sepatu tersebut.

Seperti dilansir dari Marieclaire.co.uk, Kamis (10/11/2016) terdapat beberapa jenis sepatu yang tidak disangka dapat menimbulkan masalah kesehatan. Beberapa diantaranya sangat nyaman dan pasti sering Anda kenakan. Penasaran apa saja? Simak pada paparannya berikut ini.

1. Ballet flats

Jika sepatu hak tinggi memberi tekanan di tumit kaki, sepatu datar memberi tekanan ekstra juga. Jika Anda tidak memiliki lengkungan atau berjenis kaki datar, dapat berisiko mengalami masalah tulang dan tumor saraf. 

2. Sendal jepit

Ya, sering memakai sendal jepit dapat memiliki risiko terkena masalah hammer toe. Ini adalah kondisi dimana sendi kaki yang biasanya fleksibel menjadi kaku berada dalam posisi menekuk.

3. Mules

Mules adalah sepatu yang lebih dikenal dalam bahasa Indonesia selop, ternyata memiliki risiko kesehatan juga. Walau terlihat seperti sepatu sendal, mules tidak memiliki penunjang pergelangan kaki yang cukup, sehingga membuat kaki tidak bergerak dengan normal. Apalagi mules dengan hak tinggi, membuat berat dari tumit bertambah karena sepatu tidak menopang sempurna.