Sukses

6 Cara Unik Manfaatkan Lemon untuk Lebih Cantik

Dari mulai rambut, wajah, hingga tubuh, bisa terlihat lebih cantik dengan lemon. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta Lemon sudah diketahui memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Lemon pun dapat membuat Anda menjadi lebih cantik. Dari satu bahan tersebut, Anda pun bisa memanfaatkannya ke dalam beberapa fungsi sekaligus.

Dari mulai rambut, wajah, hingga tubuh, bisa terlihat lebih cantik dengan lemon. Anda dapat menggunakannya dalam bentuk air lemon dengan mencampurkan setengah mangkuk lemon dengan satu setengah mangkuk air.

Dilansir dari The Indian Spot, Jumat (11/11/2016), inilah manfaat air lemon yang Anda perlu tahu.

1. Cuci rambut
Air lemon dapat membantu Anda menghilangkan ketombe. Bahan ini juga membuat rambut lebih lembut dan bersinar. Caranya Anda dapat mengaplikasikannya pada kulit kepala dan rambut, pijat selama satu atau dua menit, diamkan selama 3-4 menit, dan bilas hingga bersih.

2. Wajah
Air lemon bisa dimanfaatkan untuk face mist untuk membuat kulit tetap segar, membersihkan pori-pori, mengobati jerawat, hingga membuat kilau pada wajah. Gunakan sebagai spray pada wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pencuci rambut dan deodoran

3. Pencuci mulut
Bakteri di mulut dapat diminimalkan dengan air lemon. Bahan ini juga dapat mengurangi risiko gingivitis dan infeksi mulut. Gunakan untuk berkumur selama 2-3 menit kemudian buang.

4. Deodoran
Lemon juga dapat menghilangkan bau badan karena meminimalisasi tumbuhnya bakteri di ketiak. Aplikasikan lemon di ketiak dengan kapas atau semprotkan secara langsung air lemon pada bagian tersebut.

3 dari 3 halaman

Bleach dan warna kulit

5. Bleach
Lemon juga dapat mengurangi pigmentasi pada rambut karena memiliki agen pencerah. Ini dapat digunakan untuk bleach rambut. Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia untuk proses penghilangan warna (bleach). Aplikasikan saja air lemon pada bagian rambut yang ingin dikurangi pigmentasinya, tunggu hingga kering. Namun, jangan lupa untuk memberikan kondisioner yang baik karena lemon akan membuatnya kering.

6. Meratakan warna kulit
Tak ada lagi kulit belang karena terbakar cahaya matahari. Anda dapat menggunakan lemon untuk meratakan warna kulit dan memberikannya kilau sehat. Gunakan lemon di kulit, diamkan selama 20 menit. Lakukan setiap hari. Kulit yang terbakar matahari pun akan terlihat semakin cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini