Kisah Misterius di Balik Gaun Pengantin Putri Diana

Oleh Annissa Wulan pada 24 Agu 2016, 12:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2016, 12:00 WIB
Gaun Pernikahan Putri Diana
Perbesar
David Emanuel, desainer dari gaun pengantin Putri Diana menceritakan kenangannya bersama Putri Diana saat proses pembuatan gaun, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini, sudah 35 tahun sejak Putri Diana dan Pangeran Charles memperingati acara pernikahan mereka. Sejak saat itu, gaun pengantin Putri Diana telah menjadi salah satu gaun pengantin paling ikonik sepanjang masa.

Dilansir dari harpersbazaar.com, Rabu (24/8/2016), publik telah lama mengetahui sosok dibalik gaun pengantin tersebut adalah David Emanuel, seorang pria yang kini menginjak usia 63 tahun.

Putri Diana telah mengenakan gaun rancangan David, dan mantan istrinya, Elizabeth, lama sebelum dikenal publik. Sampai akhirnya, Putri Diana dikabarkan berkencan dengan Pangeran Charles, dan muncul di TV mengenakan salah satu rancangan David, yaitu gaun berbahan satin dan taffeta.

"Sejak kejadian tersebut, ada 2 halaman di koran dan majalah yang membahas tentang perkiraan desainer di balik gaun tersebut. Saya dan mantan istri bahkan tidak ada dalam daftar tersebut," kenang David.

Untuk gaun pernikahan, Putri Diana tetap mempercayakan kepada David dan Elizabeth sebagai desainernya. Hal ini yang kemudian mengubah karier mereka berdua selamanya.

David menceritakan bahwa dirinya sempat mengunjungi Putri Diana beberapa kali saat merancang gaun pengantinnya. Bahkan, setelah beberapa kali kunjungan, David menanyakan apakah dirinya bisa membawa ibunya untuk ikut datang, namun sayangnya semua proses pembuatan gaun ini harus dirahasiakan, bahkan kepada orang terdekat.

Putri Diana dan David Emanuel saat proses pembuatan gaun pengantin. Sumber : harpersbazaar.com

"Setelah gaun tersebut selesai, Putri Diana merobek semua sketsanya. Ia ingin merahasiakan semua proses pembuatan gaun tersebut, bahkan tidak ingin meninggalkan jejak apapun," papar David.
David juga mengatakan bahwa jika sketsa tersebut tidak pernah dirobek, maka ia akan menghasilkan uang yang sangat besar hari ini.

Gaun pengantin Putri Diana ini terbuat dari taffeta yang sangat besar berwarna gading dan kain sutra yang lembut, disertai renda-renda antik. Hal yang lebih mengejutkan adalah gaun ini memiliki panjang sekitar 25 kaki, wow!

Ekor gaun pengantin Putri Diana yang dirancang oleh David Emanuel memiliki panjang sekitar 25 kaki. Sumber : harpersbazaar.com

"Aku ingin gaun ini yang menghantarkan ia masuk ke St. Paul Cathedral sebagai Lady Diana Spencer, dan keluar sebagai Princess of Wales. Saya tidak boleh membuat kesalahan apapun pada momen Putri Diana dihadapkan kepada 700 miliar orang," cerita David.

Putri Diana dan Pangeran Charles di hari pernikahan mereka. Sumber : harpersbazaar.com

Saat ini, kemungkinan besar David juga akan menjadi desainer di balik gaun pengantin adik Kate Middleton, Pippa.

"Walaupun Pippa adalah adik kandung Kate, mereka adalah wanita yang berbeda dengan bentuk tubuh yang juga berbeda. Saya berencana membuat gaun pengantin yang sangat lembut untuk Pippa, karena saya pikir gaun Kate cukup kaku dan keras. Namun, bukan berarti saya ingin membandingkan mereka berdua. Anda tidak boleh membandingkan para pengantin, hal itu benar-benar dilarang," tutup David di akhir wawancaranya dengan express.co.uk.