Jerawatan, Malas Bersihkan Wajah atau Hormonal? Kenali Bedanya

Oleh Unoviana Kartika Setia pada 16 Agu 2016, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2016, 06:00 WIB
Jerawat
Perbesar
Sebelum tambah stres karena jerawat, Anda perlu mengetahui perbedaaan jerawat karena malas cuci muka dan hormonal.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat di wajah atau bagian tubuh lain tentu amat menjengkelkan. Bahkan permasalahan kulit yang satu ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Namun, sebelum tambah stres karena jerawat, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab jerawat. Sebab, ini menentukan perawatan kulit yang tepat untuk menuntaskan permasalahan tersebut.

Dermatolog Dr Eddy Karta mengatakan, sebelum melakukan perawatan jerawat, sebaiknya Anda melihat ciri-ciri jerawat yang muncul. Jika memang disebabkan hormon, pengobatan yang menekan hormon bisa dilakukan. Tetapi jika permasalahannya hanya di kemalasan mencuci muka, maka hal yang perlu diperbaiki adalah ritual Anda mencuci muka.

"Ciri-cirinya adalah pada komedo. Biasanya jerawat karena tidak bersih mencuci muka juga disertai komedo yang banyak pada bagian-bagian lain," kata Eddy di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Sementara jerawat karena masalah hormon biasanya bisa muncul tiba-tiba. Misalnya saat malam tidak ada, tetapi besoknya langsung besar. Ini akibat peningkatan aktivitas kelenjar minyak secara tiba-tiba dipicu oleh hormon.

Tidak membersihkan muka atau kurang bersih dalam mencuci muka dapat mengakibatkan jerawat. Karena pori-pori masih tersumbat oleh debu sehingga minyak tidak bisa keluar, terjadi lah penumpukan dan timbul jerawat.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya