Cara Jitu Singkirkan Jerawat Batu

Oleh Liputan6 pada 18 Jul 2016, 15:30 WIB
Diperbarui 18 Jul 2016, 15:30 WIB
Cara Jitu Singkirkan Jerawat Baru
Perbesar
Simak langkah-langkah untuk menyingkirkan jerawat batu yang dapat Anda lakukan sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kesal dengan jerawat batu yang mengganggu? Jerawat memang dapat mengganggu kepercayaan diri seorang wanita. Tak perlu khawatir, kenali cara untuk menyingkirkannya seperti yang dilansir dari Allure.com pada Senin (18/7/2016).

Berbeda dengan jerawat biasa, jerawat batu atau yang disebut juga cystic acne sangat mengganggu. Selain sakit dan ukurannya yang besar sehingga mengganggu penampilan, jerawat ini juga keras dan tidak memiliki 'mata' jerawat sehingga tidak bisa dipencet. Yang bisa dilakukan hanyalah menunggu hingga kempis, yang bisa makan waktu sekitar sebulan atau lebih, atau pergi ke dokter kulit dan menyuntik jerawat batu tersebut dengan suntikan cortisone  yang dapatmembuat jerawat batu kempis dalam waktu 24 jam namun biayanya cukup mahal.

JIka Anda ingin menyingkirkannya jerawat batu dengan perawatan mudah, berikut adalah caranya, seperti yang dijelaskan oleh Joshua Zeichner, Ketua Cosmetic and Clinical Research dari Mount Sinai Hospital di New York.

1. Gunakan pembersih dengan salicylic acid

Saat membersihkan wajah, pilih pembersih yang mengandung salicylic acid yaitu kandungan yang selalu ada pada pembersih wajah untuk kulit berjerawat guna menghilangkan minyak sekaligus menghilangkan tumpukan sel-sel kulit mati. Jika kulit Anda termasuk jenis kulit kering, gunakan pembersih yang biasa Anda gunakan dan gunakan pembersih dengan kandungan salicylic acid ini hanya pada jerawat batu tersebut. Sesudahnya, gunakan toner yang juga mengandung salicylic acid.

2. Kompres dengan es

Sesudah membersihkan wajah, bungkus es batu dengan tisu lalu tempelkan di jerawat batu agar sedikit mengempis dan mengurangi warna merahnya. Joshua menyarankan untuk melakukan hal ini tiga kali dalam interval 10 menit. Kompres selama 10 menit, lalu hentikan dan tunggu selam 10 menit dan kompres lagi selama 10 menit. Ulangi langkah ini sebanyak tiga kali.

3. Hilangkan bakterinya

Gunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroxide yang mampu menghancurkan bakteri yang terjebak di antara folikula di kulit. Banyak orang yang kulitnya iritasi karena menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroxide, karenanya pilih yang persentasenya paling rendah dan gunakan setipis mungkin.

4. Kempeskan jerawatnya

Sesudah menggunakan benzoil peroxide, tunggu sampai kering lalu gunakan krim hydrocortisone. Krim ini mengandung steroid dalam dosis rendah hingga mampu untuk mengempiskan jerawat batu. Gunakan di jerawat batu yang telah diolesi obat jerawat benzoil peroxide, lalu tutup dengan plester. Keesokan harinya jerawat batu akan mengecil. lakukan beberapa kali sampai jerawat batu benar-benar kempis.

(Ardi Suryaatmaja)

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya