Tak Disangka, Hal Ini Juga Bisa Sebabkan Jerawat

Oleh Liputan6 pada 11 Jul 2016, 11:01 WIB
Diperbarui 11 Jul 2016, 11:01 WIB
Jerawat
Perbesar
Tak hanya minyak dan kotoran, berikut hal yang tidak disangka menyebabkan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat adalah permasalahan kulit yang tidak pernah ada habisnya. Apakah Anda sudah melindungi kulit dari sinar matahari, mengurangi konsumsi gula dan sudah juga pakai produk perawatan yang oil-free, tapi kulit masih berjerawat? Ternyata terdapat beberapa faktor lain selain hal tersebut yang menyebabkan jerawat. Apa saja? Simak paparannya seperti dilansir dari Wellandgood.com pada hari Minggu (11/7/2016) berikut.

1. Makanan
Tak hanya gula saja, tapi ada beberapa makanan yang menyebabkan alergi ringan yang menyebabkan jerawat seperti bahan makanan yang terbuat dari susu, gluten, kafein dan alkohol. Sangat disarankan untuk mencatat tiap makanan yang dikonsumsi sehingga lebih mudah untuk melacak penyebab jerawat.

2. Pasta gigi
Jika Anda sering berjerawat di sekitar mulut maka kemungkinan kulit Anda alergi terhadap bahan-bahan kimia yang ada di pasta gigi yang digunakan. Coba beralih ke pasta gigi organik dan perhatikan apakah selama menggunakan pasta gigi organik Anda masih mengalami jerawat seputar mulut.

3. Tidak langsung pakai toner
Setelah membersihkan wajah sebaiknya langsung gunakan toner wajah (pilih yang bebas alkohol). Saat wajah dibersihkan, kulit wajah jadi sangat basa (tingkat basa tinggi). Karena itu, perlu segera pakai toner agar pH kulit kembali normal dan tidak terjadi peradangan di sel kulit yang berpotensi mencetuskan timbulnya jerawat.

4. Polusi
Jika Anda tinggal di kota besar, tingkat polusi udaranya bisa mempengaruhi kondisi kulit. Gunakan produk perawatan yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi. Produk perawatan yang berfungsi sebagai antioksidan umumnya mengandung Vitamin C,Vitamin E, Zinc, Omega 3, 6 dan 9.

Ardi Suryaatmaja

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya