Sukses

6 Perlengkapan Bayi yang Sebenarnya Tak Perlu Dibeli

Banyak perlengkapan bayi yang sebaiknya tidak perlu dibeli. Simak daftar berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orangtua yang mempersiapkan beragam perlengkapan untuk menyambut sang buah hati hadir ke dunia. Dari mulai pakaian, perlengkapan mandi, hingga jurnal khusus untuk mencatat tumbuh kembang anak.

Padahal, banyak perlengkapan bayi yang sebaiknya tidak perlu dibeli. Sebab, perlengkapan ini sebenarnya bisa digantikan dengan perlengkapan rumah yang sudah ada. Malahan, membelinya hanya akan membuat Anda mengeluarkan uang yang tidak perlu.

Dikutip dari Metro, Selasa (7/6/2016), berikut perlengkapan bayi yang sebenarnya tidak perlu Anda beli.

1. Bak mandi bayi
Daripada membeli bak khusus bayi, Anda dapat memandikan bayi di wastafel. Tentu saja, wastafel perlu dibersihkan terlebih dulu sebelum memandikan bayi. Jika usianya sudah cukup besar, maka Anda bisa memindahkannya ke bak mandi Anda.

2. Perlengkapan mandi
Perlengkapan mandi bayi misalnya sampo atau sabun tidak perlu Anda gunakan untuk bayi yang baru lahir. Sampai bayi berusia 2 bulan pertama, Anda sebenarnya hanya perlu membersihkannya dengan air.

3. Sepatu
Sebelum bayi berusia 10 bulan, sebenarnya Anda tidak perlu memberinya sepatu. Sebab, ia belum bisa berjalan. Kalaupun ingin memakaikannya alas kaki, maka Anda bisa menggunakan kaus kaki.

4. Jurnal khusus bayi
Anda mungkin ingin mencatat setiap perkembangan anak. Namun, sebenarnya tidak perlu memakai jurnal khusus. Karena pada akhirnya Anda akan melupakannya. Sebaiknya gunakan peralatan digital dan gadget Anda untuk mengabadikan perkembangan anak.

5. Pakaian terlalu banyak
Pakaian-pakaian bayi sangat lucu, sehingga Anda tertarik membelinya. Namun tubuh seorang bayi sangat cepat berkembang, sehingga membelikannya pakaian terlalu banyak pada usia 12 bulan pertama akan mubazir dan cepat tidak terpakai lagi.

6. Pembuat makanan bayi
Anda bisa menggunakan blender atau peralatan dapur yang sudah Anda miliki untuk membuat makanan bayi. Tidak perlu menggunakan alat pembuat makanan khusus bayi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.