Sukses

Berhenti Lakukan 9 Hal Ini Pada Kulit Anda

Secara sadar atau tidak, beberapa hal yang sering Anda lakukan ternyata dapat merusak kulit Anda? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti memiliki kekurangan pada kulitnya, entah itu kulit kusam atau kering. Banyak ahli memberikan beberapa tips dan trik untuk menjaga kulit tetap sehat, namun rasanya memang lebih mudah untuk mengatakan daripada melakukannya. Untuk membebaskan kulit dari noda dan garis-garis halus memang membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten.

Dilansir dari purewow.com, Minggu (5/6/2016), berikut ini adalah beberapa kegiatan pada kulit yang harus Anda hentikan sekarang juga.

1. Melakukan eksfoliasi secara berlebihan
Memang melakukan suatu hal secara berlebihan tidak akan membuahkan hasil yang baik. Eksfoliasi secara rutin memang membuat kulit tampak segar dan bersih, namun melakukannya terlalu sering dapat menghilangkan minyak esensial kulit dan menyebabkan kulit kusam dan kering.
Lakukan eksfoliasi sebanyak satu kali saja dalam seminggu.

2. Tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah
Mungkin Anda sering mengalaminya. Setelah hari yang panjang dan melelahkan, sampai di rumah, Anda hanya ingin langsung tidur. Namun, Anda benar-benar meluangkan waktu untuk membersihkan wajah, sebelum tidur. Karena tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat, dan infeksi bakteri.

Melakukan eksfoliasi secara berlebihan juga dapat merusak kulit wajah. Sumber : purewow.com

3. Memencet jerawat
Ketika muncul jerawat, jangan sekali-kali Anda mencoba memencetnya menggunakan tangan Anda. Memencet jerawat dapat mendorong lebih banyak bakteri masuk ke dalam kulit dan mengakibatkan lebih banyak jerawat yang bermunculan. Gunakan krim anti jerawat atau datanglah ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terlalu banyak makan gula

4. Terlalu banyak gula
Anda kurang beristirahat, namun terlalu banyak makan gula. Hal ini akan merusak kolagen pada kulit Anda dan menyebabkan penuaan dini. Jika Anda benar-benar membutuhkan makanan manis, makanlah gula alami yang terdapat di dalam buah-buahan, bukannya cokelat atau es krim.

Makan terlalu banyak gula dapat merusak kolagen pada kulit. Sumber : purewow.com

5. Mandi dengan air yang sangat panas
Mandi dengan air yang terlalu panas dapat mengelupas lapisan terluar dari kulit, membuatnya terlihat bersisik dan kering. Atur suhu air yang Anda gunakan untuk mandi agar tidak terlalu panas atau membuat kulit Anda memerah. Gunakan sabun muka dan bukan sabun batangan untuk membersihkan wajah.

6. Tidak cukup tidur
Perbaikan kulit terjadi di malam hari, sehingga jika Anda tidak memiliki cukup waktu untuk tidur, ini berarti Anda juga tidak memberikan waktu bagi kulit untuk memperbaiki dirinya.

3 dari 3 halaman

Jarang membersihkan ponsel dan kacamata

7. Jarang membersihkan ponsel
Inilah alasannya mengapa berbicara dengan waktu yang lama menggunakan ponsel dapat menyebabkan jerawat di pipi dan rahang. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda dapat sering-sering membersihkan ponsel menggunakan tisu anti bakteri. Atau saat ingin menelepon gunakan headset, setidaknya ada jarak antara ponsel yang kotor dengan wajah Anda.

Jarang membersihkan ponsel dan kacamata dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit wajah yang sering bersentuhan. Sumber : purewow.com

8. Jarang membersihkan kacamata
Sama halnya dengan ponsel, Anda harus sering-sering membersihkan kacamata yang digunakan, karena ia bersentuhan langsung dengan bagian hidung.

9. Tidak memakai kacamata
Jika Anda memang membutuhkan bantuan kacamata untuk melihat, maka gunakanlah. Jika Anda terus menerus menyipitkan mata untuk melihat sesuatu, ini dapat menyebabkan keriput di sekitar mata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.