5 Kesalahan Makeup yang Sering Dilakukan Para Wanita

Oleh Liputan6 pada 17 Mei 2016, 07:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2016, 07:00 WIB
Kesalahan Makeup
Perbesar
Berikut 5 kesalahan makeup yang biasa dilakukan para wanita.

Liputan6.com, Jakarta Rias wajah seharusnya membuat pemakainya terlihat lebih cantik dan segar. Namun, ada beberapa kesalahan makeup yang justru membuat pemakainya terlihat lebih tua. Hindari kesalahan berikut seperti yang dilansir dari Newbeauty.com, Minggu (15/5/2016). Menurut perias wajah ternama, Matthew van Leeuwe, beberapa kesalahan berikut ini membuat pemakai rias wajah terlihat lebih tua.

1. Foundation terlalu tebal

Idealnya foundation membuat kulit wajah terlihat mulus, namun teksturnya alami kulit masih terlihat, jelas Matthew. Foundation yang terlalu tebal membuat wajah pemakainya terlihat kaku karena kulitnya tidak terlihat teksturnya, dan wajah juga terlihat berat. Ini semua membuat penampilan jadi jauh lebih tua.Cukup gunakan satu atau dua titik di dahi, dagu, hidung dan pipi lalu baurkan dengan rata ke seluru kulit wajah. Jika tekstur dari foundation tersebut memang tebal, coba campur dengan sedikit pelembap ataupun face oil sebelum digunakan di wajah,

2. Bedak terlalu banyak

Menurut Matthew kesalahan ini yang paling banyak dilakukan. Secara alami, kulit wajah ada sedikit kilap dan jika terlalu banyak bedak  maka kilap ini  akan hilang dan  wajah pun terlihat kaku dan tidak segar. Juga, bedak yang tebal justru membuat setiap garis dan kerutan yang ada di wajah makin terlihat jelas dan ini pastinya membuat wajah terlihat lebih tua. Gunakan bedak setipis mungkin, dan sesudahnya semprotkan sedikit facial spray di wajah.

3. Maskara yang tidak rapi

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan maskara adalah mengulaskan terlalu banyak maskara di ujung-ujung bulu mata dan terlalu sedikit di pangkal bulu mata. Padahal menurut Matthew secara alami bulu mata justru lebih tebal di pangkal dan menipis di ujungnya. Jika terlalu banyak maskara di ujung bulu mata biasanya maskara akan menggumpal di ujung-ujung bulu mata, sehingga penampilan terlihat berantakan. Sebelum menggunakan maskara, jepit bulu mata terlebih dahulu lalu gunakan maskara mulai dari pangkal alis dan gulirkan ke kiri dan ke kanan tanpa mengulaskan ke ujung bulu mata. Lakukan ini dua kali kemudian mulai mengulaskan bulu mata dari pangkal ke ujung bulu mata.

4. Eyeliner terlalu tebal

Menggunakan eyeliner terlalu tebal di kelopak mata bagian atas dan bawah justru membuat mata terlihat makin kecil karena keduanya bagai bingkai gelap yang menutup mata, jelas Matthew. Untuk tampilan yang lebih muda dan modern, gunakan eyeliner gelap hanya di kelopak mata bagian atas, dan eyeliner warna beige atau putih di bagian dalam kelopak mata bawah. Untuk eyeliner gelap memang biasanya dipilih warna hitam, tapi tak ada salahnya mencoba warna lain seperti coklat gelap ataupun abu-abu gelap. Gariskan dengan ringan agar hasilnya tak terlalu tebal.

5. Rias mata dan bibir yang sama tebal

Tampilan rias wajah yang berat dan tebal memang akan membuat wajah terlihat lebih tua. Jika rias mata dan bibir sama tebalnya, maka ini akan membuat wajah Anda nampak jauh lebih tua dari usia Anda. Pilihlah bagian mana yang hendak ditonjolkan. Jika ingin menonjolkan mata dengan rias gaya smokey eye, gunakan lipstik warna nude. Sebaliknya jika ingin menonjolkan bibir dengan lipstik merah terang, maka di bagian mata cukup gunakan segaris eyeliner tipis dan maskara.

(Ardi Suryaatmaja)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya