Ingin Wajah Cerah? Pakai Produk dengan Tepat

Oleh Liputan6 pada 16 Mei 2016, 16:30 WIB
Diperbarui 16 Mei 2016, 16:30 WIB
Wajah Cerah
Perbesar
Agar tidak bingung menggunakan produk pencerahan kulit, simak yang berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Beragam produk kecantikan pencerah wajah terkadang membuat kita kebingungan. Belum lagi rangkaian yang banyak, pasti sulit untuk menentukan mana yang perlu atau tidak untuk kulit Anda Agar tidak bingung, ikuti beberapa tips yang dilansir dari majalah Health, Minggu (15/5/2016).

1. Untuk kulit yang bermasalah dengan titik hitam, gunakan produk yang spesifik

Pilih produk pencerah yang memang diformulasikan khusus untuk menangani masalah noda di kulit. Biasanya ini ditandai dengan kata Spot ataupun Dark Spot. Produk seperti ini diformulasikan supaya tak hanya mencerahkan kulit, namun juga mampu secara spesifik menipiskan dan mencerahkan titik-titik noda tersebut.

2. Kulit berminyak juga bisa menggunakan pencerahan kulit

Untuk kulit berminyak, maka pencerah dalam bentuk cair sangatlah sesuai karena sangat ringan dan langsung diserap di kulit hingga tak terasa lengket. Untuk kulit normal cenderung berminyak, gunakan pencerah dalam bentuk losion yang menyerap minyak (biasanya di kemasannya ada kata mattifying, mattifiant atau mattifier).

3. Menggunakan produk pencerah saja tidak cukup

Pakai produk pencerah di pagi hari tetap harus dibarengi menggunakan tabir surya. Percuma menggunakan produk pencerah sebelum keluar rumah jika tak dibarengi dengan tabir surya karena sinar matahari adalah salah satu faktor terbesar pencetus noda gelap di kulit.

4. Produk pencerah juga harus diulangi pemakaiannya dalam sehari

Idealnya adalah setelah pemakaian pertama di pagi hari, gunakan keduanya 2 jam kemudian terutama jika Anda berada di luar ruangan. Ingat bahwa 50 % sinar UV di matahari mampu menembus kaca jendela. Agar lebih praktis gunakan saja tabir surya sekaligus pencerah seperti produk-produk BB Cushion.

5. Jangan lupakan scrub untuk membuat kulit tambah cerah

Jangan lupakan eksfoliasi, yaitu proses merontokkan lapisan kulit mati yang menumpuk dipermukaan kulit, yang membuat kulit nampak kusam.

(Ardi Suryaatmaja)