Sukses

Setop Cuci Muka Pagi Hari dan Ganti dengan Ritual Ini

Menurut penelitian terbaru mencuci muka di pagi hari bisa merusak kulit. Ganti kebiasaan tersebut dengan ritual ini

Liputan6.com, Jakarta Termasuk dalam kategori manakah Anda? Orang yang rajin mencuci muka dengan sabun di pagi hari? Atau orang yang hanya mengandalkan ritual mencuci muka dengan air seadanya saja, tanpa pembersih apapun?

Faktanya, mencuci muka di pagi hari tidak menimbulkan efek positif apapun di wajah Anda. Jika wajah kering dan berjerawat, mungkin Anda mengharapkan wajah yang lebih sehat ketika rajin mencuci muka di pagi hari.

Dilansir dari glamour.com, Kamis (24/3/2016), menurut Arleen Lamba, M.D, penemu Blush Med Skincare di Bethesda, Maryland, saat Anda tidur, tubuh memperbaiki seluruh organ-organ yang ada di dalamnya, termasuk kulit. Sedangkan ketika Anda melakukan eksfoliasi dan beberapa pembersih wajah dengan bahan kimia, Anda menghilangkan minyak esensial pada kulit yang diproduksi untuk menyeimbangkan kesehatan kulit wajah Anda.

Inilah mengapa minyak pada wajah di pagi hari sebenarnya bukanlah musuh Anda, melainkan kebaikan untuk kulit wajah Anda. Lalu bagaimana dengan kulit merah, berminyak, dan berjerawat? Terlalu banyak membersihkan dan mencuci muka bisa menjadi penyebabnya.

"Saat terlalu sering mencuci muka, wajah Anda hanya memerlukan minyak alami. Noda yang Anda anggap iritasi biasa, ketika Anda mencucinya secara berlebihan, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada wajah," papar Arleen.

Cobalah untuk mengganti kebiasaan Anda dengan mencuci muka di malam hari menggunakan pembersih yang dapat mengunci kelembaban wajah Anda semalaman.

Jika Anda tidak terbiasa untuk tidak mencuci muka di pagi hari, maka lakukanlah menggunakan air panas. Ini adalah cara terbaik dan paling sederhana yang dapat menjadi rutinitas baru untuk kulit wajah sehat. Air panas di pagi hari dapat menenangkan, menyembuhkan, dan melembutkan kulit wajah Anda.

Sedangkan, air keran biasa yang selalu gunakan untuk mencuci muka ternyata mengandung mineral, seperti kalsium, magnesium, dan klorin yang dapat menyebabkan kelembaban kulit dan minyak alami wajah menghilang.

Jika kulit Anda termasuk dalam kategori kering, gunakan air panas, lalu langsung aplikasikan krim atau serum yang biasa Anda gunakan di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.