Sukses

Manfaat Daun Sirih untuk Tubuh Wanita

Berikut beberapa manfaat daun sirih untuk kebersihan tubuh wanita yang dapat membangkitkan kepercayaan diri.

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat dimungkiri bahwa wanita karier saat ini dituntut untuk beraktivitas dengan mobilitas tinggi. Mimpi-mimpi kian terbuka untuk diraih, dan membuat tingkat kesibukan semakin kompleks. Kesibukan dalam hal mengejar karier bagi wanita tentu harus diimbangi dengan tanggung jawab menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Mulai dari asupan gizi, pola hidup sehat, dan keseimbangan antara waktu bekerja dan memanjakan diri.

Wanita membutuhkan bahan-bahan alami yang dipercaya memberikan manfaat terbaik bagi tubuh. Salah satunya adalah daun sirih, yang sudah sejak ratusan tahun lalu menjadi bahan alami yang digunakan wanita Indonesia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.

Daun sirih mengandung antiseptik yang berasal dari turunan zat bernama Fenol yang disebut Kavikol. Daun sirih memiliki kemampuan antiseptik lima kali lipat lebih ampuh dari antiseptik pada fenol biasa. Pada masa menstruasi, bakteri tumbuh dengan cepat di area kewanitaan dan dapat menimbulkan bau, gatal, atau iritasi kulit lainnya.

Daun sirih sejak dahulu kala dikenal sebagai media pengobatan akibat gangguan makhluk halus. Menurut ahli spiritual, pohon sirih bila ditanam dipekarangan rumah juga bisa memberikan pengaruh positif dan bisa menetralisir serangan ilmu hitam. (Istimewa)

Menurut dr Boy Abidin, SpOG, untuk menjaga kesehatan vagina, wanita setidaknya sadar dan memahami pentingnya mengganti pembalut sesering mungkin, terutama saat menstruasi. “Karena darah haid yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman,” ujar dr Boy.

Melihat kondisi ini, PT Softex Indonesia mengeluarkan rangkaian pembalut dan pantyliner dengan ekstrak daun sirih. Dengan antiseptik alami dari ekstrak daun sirih, pertumbuhan bakteri dapat dihambat, sehingga mengurangi resiko timbulnya gatal dan iritasi.

Ekayani Go, Marketing Manager PT Softex Indonesia, mengatakan "Softex Daun Sirih memiliki permukaan senyaman bantal dan lapisan bersirkulasi udara, sehingga tidak lembab. Juga dengan kemampuan menyerap 1 detik sehingga permukaan tetap kering."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini