Sukses

Gaya Kebaya Sederhana ala Sarinah

Selain membangun pusat perbelanjaan bernama Sarinah, Presiden Soekarno juga membuat lukisan gaya kebaya sebagai bentuk penghormatan

Liputan6.com, Jakarta Jika kini kebaya identik dengan busana nasional yang digunakan saat acara formal seperti pernikahan atau acara kenegaraan, zaman dahulu, kebaya dan kainnya merupakan busana yang dipakai sehari-hari, seperti pasangan abadi t-shirt dan jins.

Busana nasional tersebut semakin populer dan mendunia ketika Ibu Negara Fatmawati menemani lawatan Presiden Soekarno ke Filipina tahun 1965. Dengan kebaya dan kainnya, Ibu Fatmawati menjadi sorotan sekaligus buah bibir para undangan.

Kebaya merupakan busana kenegaraan saat Presiden melakukan lawatan ke luar negeri, seperti yang dikenakan Fatmawati dan Dewi Soekarno

Ya, kain dan kebaya memang benar-benar membuat penampilan seorang wanita menjadi feminin. Lekuk tubuh kaum hawa terbentuk sempurna yang membuat si pemakai merasa menjadi wanita seutuhnya. Sampai tahun 60-an, kebaya bertahan dengan bentuk aslinya, panjang sepinggul dengan gaya bukaan sampai perut. 

Kecintaan Soekarno dengan kebaya juga sempat diabadikan dalam sebuah lukisan. Salah satu lukisan karyanya adalah sosok bernama Rini yang dipercaya diambil dari nama Sarinah. Sarinah adalah nama dari pengasuh Soekarno semasa kecil.

Selain membangun pusat perbelanjaan bernama Sarinah, bentuk penghormatan lain Presiden Soekanro terhadap pengasuhnya semasa kecil tersebut adalah dengan mengabadikan wajah dan gaya berpakaian dalam sebuah lukisan.

Lukisan tersebut memperlihatkan seorang wanita yang sedang bersimpuh dengan kebaya berpotongan leher V dengan bukaan sampai perut. Kebaya hijau tanpa motif tersebut dipadukan dengan kain batik kombinasi cokelat tua dan cokelat muda.

Untuk diketahui, Sarinah bagi Soekarno bukan hanya sebagai pengasuh saja. Lebih dari itu, Sarniah menanamkan rasa kasih dan cinta pada sesama. “Karno, pertama engkau harus mencintai ibumu. Kemudian, kamu harus mencintai rakyat jelata. Engkau harus mencintai manusia umumnya.” kata Sarinah seperti dikutip dalam buku karya Cindy Adams.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebaya Para Istri Soekarno

Rasa cinta pada kebaya juga diturunkan Soekarno pada semua istrinya. Salah satunya Hartini. Istri keempat Soekarno (setelah Utari, Inggit Garnasih, dan Fatmawati), Hartini disebutkan terinspirasi gaya kebaya sederhana dari cerita yang disampaikan Soekarno tentang gambaran kebaya ala Sarinah.

Istri keempat Presiden Soekarno, Hartini, diketahui memiliki selera berpakaian kebaya ala Sarinah yang sederhana.

Dalam sebuah foto yang memperlihatkan adegan dansa lenso, Hartini memakai kebaya sederhana model kutu baru bercorak dengan kerah segi empat berpenutup hanya sampai perut. Bagian yang tidak tertutupi, dilapisi dengan stagen hitam. Sepertinya kebaya tak menghalangi gerakan dinamisnya menari sampai posisi jongkok. Meski tamu yang menonton dan melihatnya menari dengan Soekarno memilih dress atau baju kurung.

Konon model kebaya dengan bentuk asli, yakni panjang sepinggul seperti kebaya kartini tampil dengan bukan depan berenda hanya bertahan hingga awal tahun 70-an. Setelahnya, kebaya tampil dengan berbagai modifikasi dari semua sisi. Apakah Anda punya model kebaya asli seperti Sarinah? (Nad/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini