Sukses

Hentikan Kebiasaan “Memompa” Maskara untuk Cegah Bahaya Ini

Saat belajar memakai maskara Anda mungkin akan meniru kebiasaan yang salah. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Saat belajar memakai riasan wajah, Anda mungkin akan meniru kebiasaan yang salah. Salah satu kesalahan saat merias wajah adalah cara menggunakan maskara dengan terlebih dulu menarik dan menurunkan kuas maskara ke dalam kemasannya seperti gerakan memompa.

Dengan melakukan kesalahan ini, upaya untuk tampil cantik malah menjadi tidak optimal. Apa alasannya?

Kesalahan ini mungkin sering dilakukan oleh sejumlah wanita. Gerakan memompa kuas maskara dengan tujuan memperoleh cairan maskara yang lebih merata di kuas. Bahkan, ada pula yang berpikir gerakan ini bisa mengurangi gumpalan cairan maskara pada kuas.

Padahal menurut pakar kecantikan Jessica Krant, gerakan ini dapat memasukan udara ke dalam botol maskara. Bakteri dari mata yang terbawa oleh kuas maskara pun akan ikut masuk.

“Udara tadi akan membantu bakteri untuk berkembangbiak.” kata Krant seperti yang dikutip dari laman Shape.com, Rabu (14/10/2015),

Udara, kata dia, juga dapat menyebabkan maskara mengering dengan lebih cepat dari yang seharusnya. Ia pun menyarankan untuk menarik kuas perlahan setiap menggunakan maskara. Maskara juga perlu disimpan di tempat yang bersih untuk meminimalkan masuknya bakteri ke dalam botolnya.

Selain itu, maskara juga sebaiknya tidak disimpan terlalu lama. Seperti makanan, maskara juga memiliki batas simpan. Jika digunakan saat sudah kedaluwarsa, bakteri akan tumbuh di dalam cairan maskara sehingga menyebabkan iritasi dan gatal pada mata.

 

(Uno/Nad) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini