Sukses

Yakin Alas Kaki Tanpa Hak tak Punya Dampak Buruk?

Memakai alas kaki yang sangat datar tak berarti tak memiliki dampak buruk.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kaum hawa yang sangat mencintai high heels. Tak hirau akan rasa sakit yang ditimbulkan, ungkapan seperti `beauty is pain` menjadi slogan sebagian pemakai alas kaki berhak tinggi. Lalu bagaimana sesungguhnya aturan pemakaian high heels yang tepat?

"Seseorang sebaiknya menggunakan hak yang tidak lebih dari 3 inci atau sekitar 7 sentimeter. Jika lebih, maka langkahnya perlahan akan semakin pendek, tidak bisa berjalan cepat, tumpuan beratnya badan berpindah, tidak seimbang dengan gravitasi, serta menekan bagian lutut dan punggung bawah,"ungkap Dr. Emily Splichal, ahli penyakit kaki dan spesialis gerakan manusia.

Sementara itu, cukup bertentangan dengan kepercayaan selama ini, sepatu yang terlalu datar pun dapat memberikan efek yang sama. Flat shoes yang terlalu datar akan berbahaya bagi seseorang berjenis kaki yang benar-benar datar alamiah atau tidak ada lengkungan tinggi.

Seperti dilansir dari Instyle pada Rabu (1/7/2015), Emily Splichal mengatakan hal yang terpenting adalah menghindari jenis sepatu ekstrim, hindari tumit yang terlalu datar atau terlalu tinggi. Hindari juga jenis sepatu yang dapat mengganggu keseimbangan dan otot tumit.

(auf/bio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini