Sukses

Tips Cara Mandi yang Baik dan Benar

Berikut beberapa cara mandi yang benar

Liputan6.com, Jakarta Mandi merupakan kebutuhan manusia sehari-hari yang tidak bisa dilupakan bahkan di tinggalkan. Membasuh tubuh setiap hari dengan menggunakan sabun dan air bertujuan agar tubuh bersih dan wangi. Hal ini dilakukan juga untuk menjaga kebersihan tubuh dan menghilangkan kuman yang menempel.

Namun, sudah benarkah cara Anda mandi setiap hari?

Sebagian besar orang mandi dengan sembarangan karena terburu-buru atau dalam keadaan yang terdesak. Kurangnya perhatian terhadap cara mandi yang benar dapat berakibat buruk pada kulit dan organ lainnya. Untuk itu, perlu dilakukan cara mandi yang benar seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (19/3/2015).

1. Sisir Rambut

Menyisir rambut sebelum mandi merupakan salah satu hal yang penting. Namun, jangan menyisirnya saat rambut dalam kondisi basah karena ini akan membuat rambut menjadi rontok.

2. Bilas dengan Benar

Sebelum memberikan sabun pada tubuh dan rambut Anda, bilas terlebih dahulu agar kotoran yang menempel dapat terhapuskan sebelum menambahnya dengan sampo dan sabun.

3. Beri Sabun dan Sampo

Saat Anda mencuci rambut, jangan melakukannya secara terburu-buru. Seringkali beberapa orang melakukan mandi kilat dengan sampo dan sabun yang asal menempel ke tubuh. Luangkan waktu yang cukup setidaknya satu menit untuk memijat dan membiarkan rambut Anda dipenuhi sampo secara merata.

4. Gunakan Kondisioner

Saat mencuci rambut usahakan untuk selalu menggunakan kondisioner untuk hasil yang maksimal. Gunakan kondisioner pada rambut dan bukan pada bagian akarnya.

5. Bersihkan Seluruh Bagian Tubuh

Walaupun Anda sudah membasuh tubuh dengan sampo yang turun dari atas kepala, namun Anda juga perlu untuk membersihkan seluruh bagian tubuh. Jangan biarkan sisa sampo Anda menempel pada leher dan bahu. Kurangi untuk menggunakan sabun yang membuat kulit Anda kering.

6. Mencukur

Ketika Anda mencukur bulu di tubuh Anda, pastikan untuk menggosoknya dengan scrub terlebih dahulu. Jangan gunakan pisau cukur yang tumpul dan usahakan untuk selalu menggunakan pisau cukur yang baru setiap mencukur. (Mtp/Ars)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini