Sukses

Cincin Batu Kalimaya Dipakai Taylor Swift di Grammy Awards 2015

Pada Grammy Awards 2015, Taylor Swift mengenakan anting dan cincin yang terbuat dari batu kalimaya atau opal.

Liputan6.com, Jakarta Batu cantik sebagai perhiasan bukan hanya menjadi kegemaran masyarakat Indonesia. Selebriti-selebriti Hollywood pun menyukainya. Selain penyanyi Beyonce yang terlihat memakai cincin berhias batu zamrud atau emerald di Grammy Awards 2015, ada nama Taylor Swift yang juga menemukan perhiasan batu pada acara tersebut. Dalam acara yang berlangsung pada 8 Februari 2015 di Staples Center, Los Angeles, itu Taylor Swift mengenakan anting dan cincin yang terbuat dari batu black opal.

Seperti dilansir dari situs Eonline.com pada Rabu (11/2/2015), seperangkat perhiasan dari label asal Amerika Lorraine Schwartz yang dikenakan oleh Swift tersebut berharga US$ 1 juta (sekitar Rp 12,7 miliar) Black opal adalah varian terlangka dari batu opal dan merupakan batu nasional Australia. Hampir seluruh batu black opal yang beredar berasal dari pertambangan Lightning Ridge, New South Wales. Batu opal memiliki kandungan air yang membuatnya tampak berkilau warna-warni.

Di Indonesia, batu opal dikenal dengan nama `kalimaya` yang banyak ditambang di daerah Banten. Nilai ekonomis batu ini kini mendapat perhatian serius dari pemerintah Banten. “Pasar Kalimaya akan kami bidik serius untuk dibina agar bisa dikelola melalui wadah koperasi,” ucap Kepala Dinas KUMKM Banten, Nurhana di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Serang, Selasa (03/02/2015) seperti dikutip dari artikel Liputan6.com berjudul `Batu Kalimaya Masuk Jajaran 10 Batu Mulia Termahal di Dunia`.

Sujarwanto Rahmat M. Arifin, salah seorang komisioner Komisi Penyiaran Indonesia yang menaruh perhatian pada batu akik sejak 4 tahun lalu, menjelaskan kepada Liputan6.com pada Rabu (21/1/2015) bahwa batu kalimaya perlu dibasuh air secara rutin agar tidak mudah retak. Sebagaimana batu-batu alam lain, batu kalimaya pun tak luput dari kepercayaan mistis sebagian masyarakat. Sujarwanto mengatakan bahwa ada sebagian masyarakat yang percaya bahwa batu kalimaya berguna untuk mempertajam sixth sense atau indra ke-6.

Menurut Anda, indra ke-6 apa yang bisa Taylor Swift dapat dengan mengenakan perhiasan batu opal atau kalimaya itu? Well it seems that writing a good song and singing it with Sean O’Pry – the highest paid male model – in a video clip are the best thing we want from her.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.