Sukses

Sapto Djojokartiko: Siap Ber-fashion Siap Dihakimi

Bagaiamana Desainer Sapto Djojokartiko menilai gaya berbusana masyarakat Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta Saling menilai pakaian adalah hal biasa dalam kehidupan yang masyarakat metropolitan. Semua bisa saling tak acuh dengan penilaian-penilaian yang dilontarkan. Akan tetapi berbeda halnya bila penilaian itu berasal dari seorang desainer. Bagaiamana Sapto Djojokartiko menilai gaya berbusana masyarakat Indonesia? Simak wawancara Liputan6.com dengan Sapto Djojokartiko Rabu 19 Maret 2014.

Bagaimana pendapat Anda terhadap seseorang yang berusaha tampil baik dengan tujuan ingin `dilihat` orang?

Menurut saya jika seseorang berfashion dengan tujuan seperti itu, maka dengan kata lain orang tersebut dengan sengaja memberikan dirinya untuk dihakimi oleh orang lain. Jika memang ingin dihakimi, maka orang tersebut harus siap dengan segala jenis hasil penghakiman, baik atau pun buruk.

Jadi menurut Anda, sah-sah sajakah bila orang berusaha tampil baik bukan karena ia benar-benar suka fashion tapi karena ingin eksis di lingkungannya?

Masing-masing orang punya pandangan hidup yang berbeda dan saya tidak mau men-judge pandangan tiap orang itu. Saya hanya tekankan tentang kesiapan mental untuk dihakimi ketika seseorang tampil dengan tujuan seperti itu.

Siapa selebriti yang menurut Anda punya selera yang bagus dalam fashion?

Dari dulu saya suka gaya Cate Blanchett. Gaya Cate Blanchett itu sangat strong tapi juga di sisi lain tampak rapuh. Menurut saya dia nggak pernah salah pakai baju. Tampilannya pas, tak kurang dan tak berlebihan. Hal itu juga yang saya terapkan pada desain-desain saya.

Apa kesalahan fashion yang sering Anda temui di masyarakat Indonesia?

Kesalahannya adalah banyak orang memilih pakaian bukan dengan memperhatikan hal-hal apa yang sesuai dengan dirinya, tapi dengan memperkirakan bagiamana reaksi orang lain saat melihat dirinya dengan mengenakan pakaian tersebut.

Bagaimana cara orang tahu bahwa satu pakaian sesuai dengan dirinya?

Ukuran utama dalam mengenakan pakaian adalah feel yang didapat seseorang ketika mengenakan suatu pakaian. Jika merasa nyaman dengan satu gaya, Anda tidak perlu memusingkan diri tentang bagaimana orang akan menilai gaya itu. Orang-orang sekitar bisa merasa ketika ada seseorang yang tampilannya dipaksakan. Yang penting ketika sudah tahu gaya yang membuat nyaman, lakukan inovasi-inovasi kecil agar ada kesegaran dalam gaya tersebut.

Selama berkarir di dunia fashion, apa hal menarik dari dunia fashion Indonesia?

Selama berkarir sebagai desainer, saya melihat gaya masyarakat Indonesia memiliki spektrum yang lebih beragam dibanding dengan masyarakat negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Dengan fakta keberagaman selera fashion di Indonesia, hal apa yang harus diperhatikan seorang desainer untuk berkarir di Indonesia?

Desainer harus inovatif tapi juga konsisten. Dengan cara ini masyarakat dapat melihat jelas identitas desainer dari koleksi-koleksinya tanpa menjadi bosan. Masyarakat dengan selera beragam tersebut akan dengan sendirinya terkategorisasi dalam memilih desainer yang karyanya sesuai dengan selera.

Dalam koleksi yang Anda buat, ada banyak warna hitam yang digunakan. Apa Anda menyukai warna hitam?

Iya, saya memang suka warna hitam karena warna hitam itu versatile, bisa menghadirkan kesan misterius, elegan, seksi dan lain sebagainya. Saya memang selalu memasukkan warna hitam dalam koleksi.

Citra apa yang ingin Anda tampilkan pada karya-karya yang dibuat?

Yang pasti saya tidak ingin mendesain pakaian dengan model yang membuat orang jadi shock saat melihat pakaian tersebut. Saya ingin membuat pakaian yang secara umum tidak neko-neko tapi saat diperhatikan lebih saksama ada sesuatu yang menarik yang dapat ditemukan. Untuk kesan yang ingin ditampilkan, saya berusaha menampilkan kesan elegan dengan adanya sentuhan keseksian di dalamnya.

Dari mana inspirasi yang Anda dapat untuk mendesain?

Saya tidak membatasi diri untuk mendapat inspirasi dari berbagai hal tapi saya lebih visual dalam mendapat inspirasi. Artinya inspirasi yang saya dapat lebih banyak dari apa yang saya lihat, bukan dengan membaca tulisan-tulisan.

Siapa desainer yang menginspirasi Anda dalam berkarir di dunia fashion?

Saya punya banyak nama tapi yang ingin saya sampaikan adalah bahwa siapapun desainer itu yang terpenting adalah bagaimana saya dapat mempelajari kelebihan sang desainer.

Apa harapan Anda pada karir di dunia fashion?

Saya berharap rancangan-rancangan saya dapat diterima oleh market yang lebih luas. Selain itu, saya juga ingin bisa menginspirasi orang dalam bergaya melalui koleksi yang saya buat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini