Sukses

Aturan Baru, Tenaga Kesehatan di Inggris Wajib Mempelajari Obat Terkait Disabilitas dan Autisme

Pemerintah Inggris memutuskan aturan baru: pelatihan wajib bagi petugas kesehatan dan perawatan di Inggris untuk mendukung orang-orang dengan disabilitas belajar dan penyandang autisme.

Liputan6.com, Jakarta Di Inggris, pernah ada kasus populer tentang seorang anak yang baru berusia delapan belas tahun yang memiliki disabilitas belajar ringan serta autisme, meninggal setelah diberi obat yang tidak sesuai.

Sejak itu, ibunya, Paula McGowan, mengampanyekan pelatihan wajib bagi petugas kesehatan di Inggris untuk mendukung pasien yang menyandang disabilitas belajar dan autisme.

Dilansir dari The Guardian, setelah empat tahun lamanya Paula McGowan berduka sembari berkampanye, pemerintah Inggris memutuskan aturan baru: pelatihan wajib bagi petugas kesehatan dan perawatan di Inggris untuk mendukung orang-orang dengan disabilitas belajar dan penyandang autisme.

Putra Paula McGowan yang berusia 18 tahun, Oliver, yang memiliki disabilitas belajar ringan dan autisme, meninggal setelah dokter memberinya obat antipsikotik, meskipun keluarganya memperingatkan bahwa obat itu tidak cocok.

Paula menyatakan kelegaan bahwa tahun-tahun kampanyenya telah menghasilkan perubahan dan mengatakan dirinya kini merasa nyaman mengetahui bahwa orang lain akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menerima perawatan yang tepat.

"Ada lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi perjalanannya sekarang telah dimulai, dan saya benar-benar percaya kita berada di jalur yang tepat untuk mencapai hasil kesehatan dan perawatan yang lebih baik bagi orang-orang yang memiliki kelainan saraf," ujar Paula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dampak dari Tindakan Dokter

Oliver, seorang atlet berbakat, dirawat di rumah sakit Southmead di Bristol pada Oktober 2016 setelah mengalami kejang yang tidak mereda ketika obat normalnya diberikan, kenang Paula.

Keluarganya dan Oliver sendiri berulang kali mengatakan kepada dokter bahwa ia tidak boleh diberikan obat antipsikotik karena ia bereaksi buruk terhadap obat itu, meskipun pemeriksaan resminya diberitahukan pada tahun 2018.

Tetapi dokter tetap meresepkan obat antipsikotik yang digunakan untuk mengobati skizofrenia dan gangguan bipolar, sebuah langkah yang dijelaskan oleh Paula di pengadilan sebagai tindakan arogan. Itu karena setelahnya, Oliver menjadi sangat sakit dan meninggal pada bulan berikutnya.

“Ketika Oliver meninggal, jelas bahwa staf kesehatan dan perawatan memiliki sedikit pemahaman tentang kebutuhan neurodivergennya. Mereka tidak memahami pentingnya membuat penyesuaian yang masuk akal baginya; mereka tidak melihatnya sebagai pribadi terlebih dahulu.

“Orang yang memiliki disabilitas belajar meninggal 26 tahun lebih muda dari populasi umum karena kebutuhan perawatan kesehatan mereka tidak terpenuhi. Ini tidak dapat diterima, tidak hanya untuk pasien dan keluarga mereka tetapi juga untuk staf kesehatan dan perawatan yang belum diberikan pelatihan yang sesuai,” tegas Paula Selasa lalu.

 

3 dari 4 halaman

Pelatihan Wajib Oliver McGowan

Program baru ini diberi nama pelatihan wajib Oliver McGowan tentang disabilitas belajar dan autisme. Uji coba selama dua tahun telah dilakukan dengan melibatkan lebih dari 8.000 staf kesehatan dan perawatan.

Hal ini diyakini sebagai satu-satunya pelatihan dari jenisnya di dunia, pelatihan ini telah dikembangkan sejak awal dengan keahlian dari orang-orang dengan disabilitas belajar dan penyandang autisme serta keluarga dan pengasuh mereka.

 

4 dari 4 halaman

Isi Pelatihan Wajib

Pelatihan wajib Oliver McGowan dibagi menjadi dua tingkatan. Tingkat satu adalah untuk petugas kesehatan yang membutuhkan kesadaran umum akan dukungan yang mungkin dibutuhkan oleh penyandang autisme atau orang dengan disabilitas belajar, sedangkan tingkat dua adalah untuk orang yang mungkin perlu memberikan perawatan dan dukungan.

Kedua tingkatan akan menyelesaikan paket e-learning 90 menit, yang telah ditayangkan. Ini termasuk belajar dari para penyandang autisme dan orang-orang dengan disabilitas belajar, pengasuh mereka, anggota keluarga dan ahli materi pelajaran. Ini juga menampilkan kisah Oliver.

Mereka yang menyelesaikan tingkat satu kemudian akan diminta untuk mengambil bagian dalam sesi interaktif online 60 menit, sementara mereka yang menyelesaikan tingkat dua akan menghadiri sesi pelatihan tatap muka satu hari yang disampaikan bersama oleh pelatih yang memiliki pengalaman langsung dengan disabilitas belajar dan autisme. Sesi-sesi ini diharapkan akan tersedia mulai awal tahun depan.

Sekretaris kesehatan, Steve Barclay, mengatakan, “Apa yang terjadi pada Oliver adalah sebuah tragedi. Pelatihan ini adalah langkah penting berikutnya untuk mengatasi ketidaksetaraan kesehatan yang ada untuk penyandang autisme dan orang-orang dengan disabilitas belajar, memberi mereka perawatan dan dukungan yang tepat dalam kesehatan dan pengaturan perawatan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.