Sukses

Review Film Sunshine of My Life: Kisah Seorang Gadis yang Memiliki Orangtua Tunanetra

Film rekomendasi bagi pecinta genre drama-family, Sunshine of My Life adalah drama semi-otobiografi dari aktris teater Hong Kong Judy Chu tentang hubungan cinta-benci seorang remaja dengan orang tuanya yang penyandang tunanetra.

Liputan6.com, Jakarta Film rekomendasi bagi pecinta genre drama-family, Sunshine of My Life adalah drama semi-otobiografi dari aktris teater Hong Kong Judy Chu tentang hubungan cinta-benci seorang remaja dengan orang tuanya yang penyandang tunanetra.

Dilansir dari SCMP, suka dan duka hidup dengan orang tua tunanetra digambarkan dengan penuh kasih dalam Sunshine of My Life, debut penyutradaraan film dari aktris teater Hong Kong dan penulis drama Judy Chu Fung-han (I Sell Love).

Chu menyalurkan pengalamannya sendiri tumbuh dalam keluarga seperti itu ke dalam skenario drama semi-otobiografi ini untuk pandangan yang diwarnai mawar tentang pengasuhan yang sulit dimengerti. Namun, sebagian besar emosi yang ditangkap di sini terasa asli.

Terlahir dari orang tua yang sama-sama kehilangan penglihatan ketika mereka masih kecil, siswa sekolah menengah Yan (Karena Ng Chin-yu) telah lama merasa rendah diri dibandingkan dengan teman-temannya meskipun cinta dan perhatian ayahnya Keung (Hugo Ng Hwee-lai) dan ibu Hung (Kara Wai Ying-hung) selalu menghujaninya.

Hambatan yang tidak biasa yang dihadapi keluarga ini menjadi jelas sejak awal, ketika sebuah bab singkat dari masa kanak-kanak Yan melihat ia menderita luka bakar ringan setelah kecelakaan yang tidak dapat dilihat dan dihindari oleh Hung. (Chu mengalami kecelakaan serupa tetapi untungnya tidak terluka.)

Dengan latar belakang kesulitan keuangan, diskriminasi disabilitas dan, akhirnya, penyakit terminal, hubungan cinta-benci artis Yan dengan ibunya yang memberi Sunshine of My Life momen paling menyayat hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Melodrama Disabilitas

Meskipun dipentaskan dengan jelas untuk menarik hati sanubari pemirsa, film ini juga mengagumkan karena upayanya untuk merangkai beberapa detail rumit dan realistis dari interaksi sehari-hari yang unik dalam rumah tangga ini.

Di balik pengalaman pedih yang mengangkat cerita ini di atas melodrama disabilitas yang biasa ditemukan di kehidupan nyata, Chu menunjukkan kepada kita seorang protagonis egois yang merasa sedih bahwa ia dilahirkan untuk menjadi pengasuh seumur hidup orang tuanya. Yang kemudian hanya untuk menyadari, meskipun terlambat, bahwa ketergantungan ibunya tampaknya lebih karena cinta daripada kebutuhan.

Dalam perannya yang paling penting sejak Wong Ka Yan tahun 2015, Karena Ng memberikan kinerja yang membumi sebagai anak perempuan yang belajar menerima dan mencintai orang tuanya. Sifat pemberontaknya membuat kontras yang bagus dengan ayah Hugo Ng yang optimis, perbedaan yang menarik dari karakter ayah aktor yang jauh lebih modern dalam film terbaru Pretty Heart.

 

3 dari 4 halaman

Dibintangi Aktris Hong Kong Terbaik

Judy Chu yang merupakan bintang seni bela diri ini bisa dibilang aktris Hong Kong terbaik saat ini dan telah memainkan berbagai karakter ibu yang sangat beragam dalam film, serta unggul di hampir setiap karakter tersebut. Ini mungkin salah satu tugasnya yang lebih mudah.

Pandangan positif sudah jelas tergambarkan dalam film Sunshine of My Life, meskipun mungkin bagi sebagian orang sedikit menjemukan. Tapi jika Anda melihat lebih dari itu, Anda mungkin hanya menemukan permata kecil pada intinya.

 

 

4 dari 4 halaman

Siapa Judy Chu?

Judy Chu lulus dari Hong Kong Academy of Performing Arts dan memulai karir sebagai aktris teater. Ia juga terkadang ikut menulis naskah untuk panggung maupun film. Ia merupakan penulis skenario I Sell Love (2014), dan naskahnya Farewell the Good Old Days (2014) dipilih oleh Golden Horse Film Project Promotion 2014, memenangkan Moneff Award. Materi dalam film pendek Chu Undernourished? (2015) dikembangkan lebih lanjut dalam film fitur debutnya Sunshine of My Life (2022).

FIlm berdurasi 96 menit ini sayangnya baru akan tayang di bioskop di Hongkong dalam acara Far East Film Festival 25. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.