Pusat Autisme Dubai Resmikan (24)Therapy Room Setelah Antrean Panjang Konsul ABK

Oleh Fitri Syarifah pada 02 Okt 2022, 10:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2022, 10:00 WIB
Burj Al Arab, salah satu hotel terbesar di Dubai. Source: Pixabay
Perbesar
Burj Al Arab, salah satu hotel terbesar di Dubai. Source: Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Pusat Autisme Dubai (DAC) mengumumkan peresmian (24) therapy room di DAC Clinic. Fungsinya untuk mengakomodasi peningkatan kasus dalam sesi intervensi individu di bidang terapan analisis perilaku (ABA), terapi wicara dan terapi okupasi.

“Dalam kerangka Kebijakan Autisme Nasional, Pusat Autisme Dubai berupaya mengatasi hambatan yang dihadapi individu dengan autisme dan keluarganya, terutama selama tingkat pasca-diagnosis," kata Hisham Abdullah Al Qassim, Ketua Pusat Autisme Dubai, dilansir dari Zawya.

“Memperluas cakupan layanan DAC di Pusat sesuai dengan Keputusan No (26) tahun 2021, yang dikeluarkan oleh Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, mengenai Pusat Autisme Dubai,” tambah Al Qassim.

Mohammed Al Emadi, Direktur Jenderal Pusat Autisme Dubai dan juga merupakan Anggota Dewan mengatakan, “Selama tahun akademik terakhir, Pusat Autisme Dubai menyaksikan peningkatan permintaan untuk layanan pusat karena berlanjutnya penyediaan sesi konsultasi gratis, sebagai jumlah rata-rata saat ini. sesi individu melebihi 900 sesi per bulan.

“Oleh karena itu, manajemen pusat telah memutuskan untuk membuka (24) ruang terapi untuk menyediakan sesi individu dalam analisis perilaku terapan, terapi wicara, dan terapi okupasi yang akan meningkatkan jumlah sesi menjadi 2.400 sesi individu per bulan,” kata Al Emadi.

Al-Emadi menunjukkan bahwa manajemen pusat menyetujui alokasi 100 kursi di sekolah dan 50 kursi di klinik untuk mengakomodasi peningkatan kasus untuk tahun akademik 2022-2023, menjelaskan bahwa tim klinis multidisiplin pusat adalah yang terbesar di wilayah, karena berisi 50 Teknisi Perilaku Terdaftar (RBT) yang diawasi oleh sejumlah Analis Perilaku Bersertifikat Dewan (BCBA) bersertifikat.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Jumlah Anak Terdaftar di Pusat Autisme Alami Peningkatan

Patut dicatat, jumlah anak yang terdaftar di Pusat Autisme Dubai telah mengalami peningkatan sejak didirikan pada 2001.

Pusat ini menerima 16 siswa pada tahun 2003, dan jumlah tersebut meningkat secara bertahap hingga mencapai 54 siswa pada tahun 2017 di gedung terpadu yang baru. Setelah itu jumlah tersebut terus meningkat hingga mencapai 115 siswa pada tahun ajaran ini.

Para siswa diterima di fasilitas yang telah dilengkapi sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan mereka di area seluas 166.000 kaki persegi. Ini berisi 34 ruang kelas, 22 klinik terapi motorik, 18 klinik terapi wicara, 3 kamar khusus terapi sensorik, dan sejumlah laboratorium, dan klinik medis, semua dirancang sesuai dengan standar internasional khusus terbaru, menyediakan lingkungan pendidikan yang sesuai untuk anak-anak dengan autisme.

 


Layanan Khusus Anak Autisme Sejak 2001

Dubai Autism Centre (DAC) adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2001. Pusat ini bertujuan untuk menyediakan layanan khusus untuk merawat anak-anak dengan autisme dan memberikan dukungan untuk keluarga dan pengasuh mereka sesuai Keputusan No. 26 tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Penguasa dari Dubai. Layanan DAC meliputi program pendidikan, psikologis dan rehabilitatif untuk anak autis. Sumber daya keuangan pusat terdiri dari subsidi, sumbangan, dan sumbangan amal apa pun untuk kesejahteraan pusat.

Gangguan spektrum autisme (ASD) adalah gangguan neurologis dan perkembangan yang dimulai sejak awal masa kanak-kanak dan berlangsung sepanjang hidup seseorang. ASD dapat menyebabkan tantangan sosial, komunikasi, dan perilaku yang signifikan. Menurut penelitian terbaru, satu dari 44 anak terkena ASD.

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya