Sukses

Sulit Jangkau Toilet Pesawat, Staf Penerbangan di Inggris Minta Penumpang Disabilitas Pakai Popok

Kabar tak menyenangkan kembali datang dari dunia penerbangan yang melibatkan penumpang disabilitas.

Liputan6.com, Jakarta Kabar tak menyenangkan kembali datang dari dunia penerbangan yang melibatkan penumpang disabilitas.

Kali ini cerita datang dari seorang advokat hak-hak disabilitas, Jennie Berry setelah lepas landas dari Bandara Internasional Newcastle di Inggris.

Jennie adalah penyandang disabilitas daksa yang tak bisa menggerakkan tubuhnya dari pinggang ke bawah. Ketika dalam penerbangan, ia ingin pergi ke toilet tapi pesawat tidak dilengkapi dengan kursi roda khusus.

Akibatnya, ia terpaksa harus menggeser tubuhnya di lantai pesawat dengan kedua tangannya. Dengan cara itu, ia menyusuri lorong secara perlahan hingga sampai ke toilet pesawat.

Itu adalah satu-satunya pilihan setelah staf menolak permintaannya untuk membantunya pergi ke toilet, menurut sebuah posting yang dia bagikan ke Instagram.

"Mereka hanya mengatakan 'tidak, kami tidak memiliki kursi lorong', tanpa saran lain tentang apa yang harus saya lakukan," kata Jennie mengutip New York Post, Kamis (22/9/2022).

"Seperti yang Anda semua tahu - ketika Anda harus pergi ke toilet, ya Anda harus segera pergi - untungnya karena saya memiliki kekuatan tubuh bagian atas yang baik, saya terus menyeret diri ke lorong menuju toilet, sementara staf terus menyajikan minuman."

Setelah sampai di toilet, situasinya menjadi lebih buruk. Staf pesawat mengatakan kepadanya bahwa penyandang disabilitas harus mengenakan popok.

"Staf pesawat mengatakan kepada saya bahwa 'orang cacat harus memakai popok di pesawat' Itu solusi yang mereka tawarkan- untuk meminta penumpang penyandang disabilitas buang air kecil di kursi mereka," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merasa Terhina

Jennie adalah warga Hartlepool, Inggris ia mengalami kelumpuhan dari pinggang ke bawah setelah mengalami kondisi neurologis akibat kecelakaan pada 2017.

Menurutnya, ini adalah pengalaman buruk yang tak selalu ia hadapi setiap melakukan penerbangan. Sejak menyandang disabilitas, ia tak pernah kesulitan untuk pergi ke toilet karena setiap pesawat yang pernah ia tumpangi selalu menyediakan kursi roda khusus untuk di dalam pesawat.

Bahkan, para staf pesawat di penerbangan-penerbangan sebelumnya pun dengan baik hati mau membantunya pergi ke toilet. Berbanding terbalik dengan pengalaman yang baru-baru ini ia alami.

“Hidup sebagai penyandang disabilitas terkadang bisa benar-benar rendah dan memalukan dan sayangnya, ini adalah salah satunya,” tulisnya.

“Diberitahu langsung ke muka saya bahwa saya harus memakai popok ketika saya tidak perlu dan bahwa mereka senang dengan kebijakan itu, membuat saya merasa terhina.”

Jennie dan rekannya awalnya memesan penerbangan TUI Airways tetapi diubah menjadi maskapai yang lebih kecil dengan hanya enam pesawat dalam armadanya.

3 dari 4 halaman

Toilet Pesawat Akses

Saat ini, toilet yang dapat diakses hanya diamanatkan di pesawat dengan lebih dari satu lorong. Namun, pejabat federal mencatat bahwa sebagian besar penerbangan domestik, termasuk yang melintasi negeri, diterbangkan dengan pesawat lorong tunggal.

Hal ini membuat penyandang disabilitas menghindari terbang atau lebih memilih menggunakan popok dewasa atau kateter.

“Sudah terlalu sering, pelancong penyandang disabilitas tidak memiliki kesempatan untuk terbang ke tujuan mereka karena mereka tidak dapat mengakses toilet di sebagian besar pesawat,” kata Menteri Transportasi AS Pete Buttigieg melansir Disability Scoop.

Untuk itu, Departemen Transportasi AS pada April mengusulkan aturan yang mengharuskan semua pesawat lorong tunggal baru dengan 125 kursi atau lebih memiliki setidaknya satu toilet yang dapat diakses oleh penyandang disabilitas.

Toilet pesawat harus cukup besar untuk memungkinkan penumpang penyandang disabilitas buang air kecil atau besar atau sekedar berganti pakaian. Serta dapat menggunakan semua fasilitas (dengan bantuan asisten, jika diperlukan) dan bisa dimasuki kursi roda tanpa harus melipatnya.

“Aturan ini akan membuat toilet pesawat lebih mudah diakses oleh penumpang penyandang disabilitas, dan membawa kita selangkah lebih dekat ke hari ketika perjalanan udara memungkinkan bagi semua orang,” tambah Pete.

4 dari 4 halaman

Pemberlakuan Aturan

Berdasarkan proposal tersebut, persyaratan akan berlaku untuk pesawat yang dipesan 18 tahun setelah aturan berlaku atau dikirim 20 tahun setelah tanggal efektif.

Garis waktu ini merupakan hasil kesepakatan pada 2016 antara organisasi disabilitas, Asosiasi Pramugari, Airbus, dan maskapai penerbangan.

Namun, Departemen Transportasi sedang mencari komentar tentang apakah waktu yang lebih dipercepat bisa memungkinkan dan agensi mengatakan itu dapat mengubah jadwal implementasi dalam aturan akhir.

Aturan yang diusulkan adalah yang kedua dalam beberapa tahun terakhir yang berusaha memperbarui peraturan Undang-Undang Akses Operator Udara untuk mengatasi aksesibilitas toilet di pesawat.

Pada 2020, Departemen Transportasi mengeluarkan usulan aturan lain yang menyerukan peningkatan aksesibilitas yang tidak memerlukan toilet ukuran lebih besar. Namun, agensi menerima begitu banyak komentar pada saat itu yang mendukung perluasan ukuran fisik toilet di dalam pesawat yang telah dipilih agensi untuk menangani kedua aturan secara kolektif.

Departemen Transportasi menyebutkan proposal terbaru sebagai salah satu "inisiatif pengaturan prioritas tertinggi" karena akan mempromosikan akses dan mengurangi diskriminasi.

Charles Brown, presiden Paralyzed Veterans of America, mengatakan bahwa perubahan ini tidak dapat terjadi cukup cepat.

“Kami senang bahwa Departemen Transportasi sekarang memajukan aturan yang telah lama tertunda ini dan melihatnya sebagai satu langkah lebih dekat ke perlakuan yang adil,” kata Brown.

“Kita tidak dapat menggarisbawahi pentingnya memiliki akses ke toilet untuk kesehatan fisik dan kesejahteraan kita, dan kita harus memiliki akses ke toilet sesegera mungkin.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.