Sukses

Trik Menjaga Kesehatan Telinga Dari Gangguan Pendengaran Seumur Hidup

Tahukah Anda bahwa telinga setiap orang tidak pernah sepenuhnya identik? Itulah sebabnya telinga juga disebut sebagai sidik jari kedua dan digunakan dalam biometrik dan pengenalan wajah.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa telinga setiap orang tidak pernah sepenuhnya identik? Itulah kenapa telinga juga disebut sebagai sidik jari kedua dan digunakan dalam biometrik dan pengenalan wajah.

Telinga kanan disebut lebih baik daripada telinga kiri dalam mendengar ucapan, sementara telinga kiri Anda lebih sensitif terhadap musik, menurut sebuah penelitian di AS yang meneliti pendengaran 3.000 bayi baru lahir.

Sejak 70 tahun yang lalu, ilmuwan forensik mulai menggunakan pengukuran telinga tersangka untuk mencocokkan sidik jari yang tertinggal di TKP. Dan 30 tahun yang lalu, para peneliti menunjukkan bahwa komputer dapat membedakan perbedaan antara gambar telinga dengan mengukur jarak antara lobus dan tepinya.

Dilansir dari Asiaone, telingalah yang paling banyak berubah selama delapan hingga 10 tahun pertama kehidupan dan mereka terus tumbuh sepanjang hidup kita, kata audiolog Hong Kong Eed Shen.

Berikut ini akan dijelaskan tentang indera pendengaran untuk lebih memahami konsep mendengar. Dengan demikian Anda bisa mengetahui bagaimana cara mencegah kehilangan pendengaran seumur hidup Anda.

Struktur telinga

Telinga tengah kita berisi tulang-tulang terkecil di tubuh kita, maleus, inkus dan stapes, nama latin untuk palu, landasan dan sanggurdi, yang secara kolektif dikenal sebagai tulang-tulang pendengaran.

Telinga juga memiliki tulang yang paling keras, tulang temporal, yang melindungi telinga bagian dalam.

Untuk bagian tubuh yang lembam (kecuali jika Anda dapat menggoyangkannya) dan bagian tubuh yang kecil, telinga yang paling bekerja keras: mereka tidak pernah tidur, bahkan ketika kita melakukannya. Begitulah cara kita bereaksi terhadap suara bahkan saat kita tidur, mendengar penyusup, anjing menggonggong, teman tidur yang mendengkur.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Kerja Telinga

Shen menjelaskan bahwa pinna (bagian luar yang menyalurkan suara lebih baik) menyalurkan gelombang suara ke saluran telinga luar.

"Ketika kompresi dan penghalusan gelombang suara bertemu dengan membran timpani [gendang telinga], itu menyebabkan getaran melalui tulang-tulang pendengaran, dan ke cairan di dalam koklea, merangsang sel-sel rambut dan menciptakan sinyal," katanya.

Informasi dari sel rambut dikirim melalui saraf pendengaran untuk diproses di otak, yang menguraikan makna suara.

Rambut-rambut kecil di koklea menghasilkan suara samar mereka sendiri, tidak terdengar oleh kita tetapi dapat ditangkap menggunakan mikroskop sensitif.

Sel rambut setiap orang menghasilkan suara yang sedikit berbeda, ukuran lain dari keunikan individu kita dan alat pengenalan biometrik potensial lainnya.

Telinga Bukan Hanya untuk Mendengar

Kedua telinga sangat penting untuk keseimbangan - telinga tengah terhubung ke tenggorokan kita oleh tabung eustachius 3,5 cm yang mengatur keseimbangan antara tekanan atmosfer dan tekanan tubuh.

Pikirkan tentang menelan yang Anda lakukan untuk membuka telinga Anda setelah penerbangan. Ini dapat mempengaruhi indera pengecap kita karena saraf, chorda tympani, menghubungkan indera pengecap Anda ke otak melalui telinga tengah.

Pernahkah Anda mendengar bahwa jika telinga kanan terasa panas berarti ada orang yang memuji-muji Anda, tapi jika telinga kiri yang terasa panas berarti ada orang yang sedang mengkritik Anda.

Kenyataannya, telinga terasa panas ketika Anda tidak menggunakan cukup tabir surya atau melupakan topi; kanker kulit ke telinga menyumbang hampir 10 persen dari semua kanker kulit. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock pada tepi atas dan belakang telinga.

 

3 dari 4 halaman

Penyakit Telinga

1. Otitis media

Otitis media adalah peradangan atau infeksi pada telinga tengah, dan dapat terjadi akibat pilek atau flu.

Ini biasa terjadi pada anak-anak, "karena mereka memiliki saluran eustachius yang lebih pendek dan lebih horizontal, mencegah lendir dari telinga tengah mengalir ke tenggorokan," kata Shen.

Ini menyebabkan pembengkakan dan penumpukan cairan, yang memberi tekanan pada gendang telinga.

Ketika ini terjadi, getaran suara tidak ditransmisikan secara efisien dan energi suara hilang, menciptakan gangguan pendengaran konduktif.

Itu sebabnya beberapa anak membutuhkan grommet, tabung kecil yang ditempatkan di telinga selama operasi untuk mengalirkan cairan dan menjaga gendang telinga tetap terbuka.

2. Otosklerosis

Otosklerosis adalah pertumbuhan tulang abnormal di telinga tengah (tulang stapes mulai menyatu di sekitar tulang di sekitarnya, akhirnya menjadi tetap).

Ini berarti getaran suara tidak ditransmisikan secara efisien, sehingga terjadi gangguan pendengaran konduktif progresif.

3. Presbikusis

Presbikusis adalah penuaan normal pada telinga, akibat kerusakan sel-sel rambut di koklea telinga bagian dalam yang memicu gangguan pendengaran. (Satu dari tiga orang dewasa di atas usia 65 tahun mengalami gangguan pendengaran.)

Frekuensi tinggi akan menjadi yang pertama, sebelum frekuensi menengah dan rendah terpengaruh, kata Shen. Alat bantu dengar akan membantu.

4. Gangguan pendengaran akibat kebisingan

Gangguan pendengaran akibat kebisingan terjadi ketika struktur telinga bagian dalam rusak karena terpapar suara keras. Frekuensi tinggi terpengaruh terlebih dahulu.

Paparan yang terlalu lama pada tingkat kebisingan di atas 85 desibel dapat menyebabkan gangguan pendengaran secara bertahap, dan efek kebisingan pada pendengaran dapat terakumulasi dari waktu ke waktu.

Paparan suara pada 120 desibel dapat merusak pendengaran Anda dalam waktu kurang dari 10 menit. Orang yang mendengarkan musik melalui headphone dengan volume tinggi lebih rentan.

Klinik Cleveland yang berbasis di AS di Ohio mengatakan gejala gangguan pendengaran akibat kebisingan yang paling umum meliputi:

- Ketidakmampuan untuk mendengar suara bernada tinggi, seperti nyanyian burung

- Mendengar ucapan yang teredam atau terdistorsi

- Tinnitus, dering atau dengung di telinga

- Perasaan penuh atau tekanan di telinga

 

4 dari 4 halaman

Kiat Menjaga Indera Pendengaran Tetap Sehat Seumur Hidup

1. Periksa kebiasaan mendengar

Gunakan alat pelindung pendengaran (penutup telinga, muffler) selama paparan suara keras, kata Shen, dan patuhi aturan pendengaran 60/60: dengarkan 60 persen volume tidak lebih dari 60 menit sehari.

2. Jangan memasukkan apa pun ke telinga Anda

Itu termasuk cotton buds, yang hanya akan mendorong kotoran lebih dalam dan dapat menyebabkan impaksi.

Kotoran telinga itu normal (bahkan pernah dianggap berharga pada abad pertengahan karena digunakan untuk mengilustrasikan manuskrip, diterapkan pada gigitan serangga, dan sebagai pelembab bibir).

Jika Anda pemilik kulit hitam atau putih, kotoran telinga Anda cenderung lengket, kuning dan bau.

Jika Anda orang Asia atau penduduk asli Amerika, itu biasanya kering dan putih, dan tidak terlalu berbau.

Bagaimanapun, telinga bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembab untuk menyeka bagian luar.

3. Lakukan tes pendengaran secara teratur

Shen mengatakan untuk melakukan tes pendengaran secara teratur dan minum obat sesuai petunjuk. Ia memperingatkan, beberapa obat (seperti antibiotik gentamisin dan obat kemoterapi kanker cisplatin dan carboplatin) diketahui menyebabkan ototoxicity, yang memiliki efek negatif pada pendengaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.