Sukses

Kasus Polio Muncul Lagi di AS, Beberapa Negara Ungkap Vaksin Akan Langka

Secara mengejutkan polio telah menyebar di Yerusalem, New York dan London.

Liputan6.com, Jakarta Kasus polio di Amerika Serikat mencapai puncaknya pada tahun 1940-an dan 1950-an. Virus meneror anak-anak hingga kehilangan fungsi anggota tubuh mereka atau menyulitkan fungsi otot-otot dada mereka.

Namun sekarang secara mengejutkan polio telah menyebar di Yerusalem, New York dan London.

 

Pada bulan Juli lalu misalnya, seorang pria berusia 20 tahun dari Rockland County, NY, didiagnosis menderita polio, penyakit yang melumpuhkan dan berpotensi mematikan yang telah dianggap hilang di Amerika Serikat.

Pengujian air limbah sejak itu menunjukkan bahwa virus itu ada di dekat Kota New York, serta Rockland dan Orange County, California, dikutip Washingtonpost.

Hasil uji lab, virus juga ditemukan di air limbah di London, Inggris. Hal ini mendorong pihak berwenang untuk menawarkan anak-anak usia 1 hingga 9 tahun vaksin booster polio. 

 

Para ilmuwan sebenarnya telah lama mengetahui tentang fenomena yang sangat langka ini. Itulah sebabnya beberapa negara telah beralih ke vaksin polio lagi. 

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejak tahun 2017, ada 396 kasus polio yang disebabkan oleh virus liar, dibandingkan lebih dari 2.600 yang terkait dengan vaksin oral.

“Saya berasumsi bahwa negara-negara seperti Inggris dan AS akan dapat menghentikan penularan dengan cukup cepat, tetapi kami juga memikirkan hal itu tentang cacar monyet,” kata Scott Barrett, seorang profesor Columbia University yang telah mempelajari pemberantasan polio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak yang tidak divaksinasi alami kelumpuhan

Awal tahun ini, para pejabat di Israel mendeteksi polio pada anak berusia 3 tahun yang tidak divaksinasi, yang menderita kelumpuhan. Beberapa anak lain, hampir semuanya tidak divaksinasi, ditemukan memiliki virus tetapi tidak menunjukkan gejala.

Pada bulan Juni, pihak berwenang Inggris menemukan bukti dalam limbah bahwa virus itu menyebar, meskipun tidak ada infeksi pada orang yang diidentifikasi. Pekan lalu, pemerintah setempat mengatakan semua anak di London usia 1 sampai 9 tahun akan ditawarkan suntikan booster.

Sementara di AS, kasus polio menyerang seseorang berusia dewasa muda. Ia dilaporkan juga tidak divaksinasi dan menderita kelumpuhan di kakinya setelah terinfeksi polio, ujar pejabat New York bulan lalu.

Virus ini juga muncul di New York, tetapi para pejabat mengatakan mereka tidak merencanakan kampanye khusus karena percaya tingkat vaksinasi yang tinggi di negara bagian itu akan memberikan perlindungan yang cukup.

 

3 dari 4 halaman

Mutasi virus polio?

Analisis genetik menunjukkan bahwa virus di tiga negara semuanya diduga berasal dari hasil mutasi  virus yang berasal dari vaksin oral.

Vaksin oral yang dipermasalahkan telah digunakan sejak 1988 karena murah dan mudah diberikan (dua tetes dimasukkan langsung ke mulut anak-anak) dan lebih baik dalam melindungi seluruh populasi di mana polio menyebar. Ini berisi bentuk virus hidup yang dilemahkan.

Tetapi juga dapat menyebabkan polio pada sekitar dua sampai empat anak per 2 juta dosis. (Empat dosis diperlukan untuk diimunisasi penuh.) Dalam kasus yang sangat jarang, virus yang dilemahkan terkadang juga dapat bermutasi menjadi bentuk yang lebih berbahaya dan memicu wabah, terutama di tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk dan tingkat vaksinasi yang rendah.

Wabah ini biasanya dimulai ketika orang yang divaksinasi mengeluarkan virus hidup dari vaksin dalam kotoran mereka. Dari sana, virus dapat menyebar di masyarakat dan, seiring waktu, berubah menjadi bentuk yang dapat melumpuhkan orang dan memulai epidemi baru.

 

4 dari 4 halaman

Lebih aman vaksin suntik?

Banyak negara yang mengeliminasi polio beralih ke vaksin suntik yang mengandung virus mematikan untuk menghindari risiko tersebut; negara-negara Nordik dan Belanda tidak pernah menggunakan vaksin oral.

Tujuan utamanya adalah untuk memindahkan seluruh dunia ke tembakan setelah polio liar diberantas, tetapi beberapa ilmuwan berpendapat bahwa peralihan itu harus terjadi lebih cepat.

“Kita mungkin tidak akan pernah bisa mengatasi polio di negara berkembang tanpa (vaksin polio oral), tetapi inilah harga yang harus kita bayar sekarang. Satu-satunya cara kita akan menghilangkan polio adalah dengan menghilangkan penggunaan vaksin oral,” kata Dr. Paul Offit, direktur Vaccine Education Center di the Children's Hospital of Philadelphia.

Aidan O'Leary, direktur departemen polio WHO, menggambarkan penemuan penyebaran polio di London dan New York sebagai "kejutan besar,". Namun, O'Leary yakin Israel, Inggris, dan AS akan menghentikan wabah ini dengan cepat.

Tahun lalu, WHO juga mulai menggunakan vaksin polio oral yang lebih baru, yang mengandung virus hidup yang dilemahkan dan diyakini tidak akan bermutasi menjadi bentuk yang berbahaya. Tapi persediaan terbatas.

Untuk menghentikan polio di Inggris, AS dan Israel, yang dibutuhkan adalah lebih banyak vaksinasi, kata para ahli. Itu adalah sesuatu yang dikhawatirkan Barrett Columbia University dapat menjadi tantangan di era COVID-19 .

“Yang berbeda sekarang adalah berkurangnya kepercayaan pihak berwenang dan polarisasi politik di negara-negara seperti AS dan Inggris. Anggapan bahwa kita dapat dengan cepat mendapatkan jumlah vaksinasi dengan cepat mungkin lebih menantang sekarang,” kata Barrett.

Oyewale Tomori, seorang ahli virologi yang membantu mengarahkan upaya Nigeria untuk menghilangkan polio, mengatakan bahwa di masa lalu, ia dan rekan menolak keras menggambarkan wabah sebagai “berasal dari vaksin,” khawatir itu akan membuat orang takut akan vaksin.

“Yang bisa kami lakukan hanyalah menjelaskan cara kerja vaksin dan berharap masyarakat mengerti bahwa imunisasi adalah perlindungan terbaik," pungkas Tomori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini