Bikin Warganet Terhibur, Juru Bahasa Isyarat Interpretasi Lagu Sambil Berjoget di HUT RI ke-77

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 17 Agu 2022, 14:30 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 14:43 WIB
Juru Bahasa Isyarat Interpretasikan lagu "Ojo DIbanding-bandingke" sambil berjoget saat perayaan HUT RI ke-77.
Perbesar
Juru Bahasa Isyarat Interpretasikan lagu "Ojo DIbanding-bandingke" sambil berjoget saat perayaan HUT RI ke-77. Foto tangkapan layar youtube sekretariat presiden.

Liputan6.com, Jakarta Juru Bahasa Isyarat (JBI) yang menginterpretasikan bahasa lisan ke dalam bahasa isyarat bagi penonton Tuli dalam perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 menarik perhatian warganet.

Upacara Hari Kemerdekaan yang juga tayang di YouTube Sekretariat Presiden menyisipkan kotak kecil di salah satu sudut video untuk menayangkan juru bahasa isyarat.

Saat sesi hiburan, seorang penyanyi cilik yang viral di media sosial, Farel Prayoga membawakan lagu yang membuatnya viral berjudul “Ojo Dibandingke.” Saat membawakan lagu tersebut, tak sedikit tamu undangan yang berjoget menikmati lantunan Farel yang lantang dan merdu.

Tak terkecuali juru bahasa isyarat yang mencoba menyampaikan isi lagu kepada para penonton Tuli. JBI tersebut menginterpretasi lirik demi lirik sambil berjoget mengikuti irama lagu.

Aksi JBI perempuan ini direkam ulang oleh warganet dan dibagikan di media sosial.

“Interpreter bahasa isyaratnya juga ikut joged sambil nerjemah,” tulis Deri Resdiana, pengguna Twitter yang mengunggah video JBI tersebut.

Unggahan ini pun mendapat komentar dari warganet lain.

“Karena menginterpretasikan lagu, makanya perlu joget juga. Biar teman-temen Tuli tau isi lagu tersebut. Seru bangetttt,” kata pengguna Twitter dengan akun @isnfrh.

“Keren memang, jadi senyum-senyum sendiri lihatnya,” kata warganet lainnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Perayaan HUT RI Ala Komunitas Disabilitas

Kemeriahan HUT RI ke-77 tak hanya terasa di Istana Negara Jakarta, para penyandang disabilitas di berbagai wilayah juga ikut memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan.

Salah satu komunitas disabilitas yang ikut serta memeriahkan Hari Kemerdekaan adalah DStar Indonesia.

Komunitas yang anggotanya terdiri dari orangtua dan anak disabilitas dari berbagai wilayah Indonesia ini mengadakan berbagai lomba kreatif untuk diikuti anak-anak berkebutuhan khusus serta orangtuanya.

“Tahun ini, DStars Indonesia merayakan peringatan Hari Kemerdekaan dengan penuh kemerdekaan. Merdeka berekspresi, merdeka bergaya, merdeka berkreasi dan merdeka memamerkan seluruh bakat tanpa batasan,” kata Ketua Umum DStars Indonesia, Emsyarfi kepada Disabilitas Liputan6.com melalui pesan teks Rabu (17/8/2022).

Untuk mewadahi merdeka berekspresi dan berkreasi, DStars mengadakan lomba bernyanyi lagu-lagu nasional seperti Kebyar-Kebyar dan Halo-Halo Bandung. Bagi yang gemar membaca puisi, ada lomba puisi dengan naskah yang sudah disediakan. Ada pula lomba foto anak dengan tema pandemi atau kemerdekaan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Kreativitas Tanpa Batas

“Seluruh bakat boleh ditampilkan. Dan lomba dalam grup sifatnya bukan kompetisi tapi berkreativitas tanpa batas, dengan koreksi dan pendampingan agar kelak tanding di luar kandang, anak-anak makin percaya diri dan berani.”

Tim kreatif selalu mencari ide terbaik dan cara terbaik anak-anak menggali potensi dirinya dengan bersemangat.

“Tahun ini kita juga membuat terobosan baru, lomba bernyanyi dan lomba motret untuk ibu-ibu  ABK.”

Menurut Emsyarfi, selama ini para ibu telah berjuang tiada lelah untuk anaknya. Maka dari itu, para ibu perlu diberi ruang dan peluang untuk mengembalikan tenaga, semangat, dan kreativitas mereka dalam membersamai putra putri spesial.

“Lomba memotret keindahan alam serta bernyanyi dirasa bisa menjadi media refreshing para ibu hebat ini.”

Selain DStars Indonesia, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 juga dilakukan oleh Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS).

Peringatan kali ini diwarnai dengan perlombaan pada tanggal 11-12 Agustus 2022 lalu.


HUT RI di Yogyakarta

Hari pertama dipertandingkan lomba yel-yel antar tim, lomba sepak bola sarung, tembak jitu, F1 Racing, dan lomba paduan suara lagu nasional.

Selanjutnya di hari kedua digelar BBPPKS Jogja Fashion Week yang menampilkan berbagai tema kreatif masing-masing tim, lomba memakai celana tanpa sentuh dan lomba joget kemerdekaan.

Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh seluruh ASN dan PPNPN di lingkungan BBPPKS Yogyakarta yang terbagi dalam enam tim untuk memperebutkan juara dalam setiap lomba.

Kepala BBPPKS Yogyakarta Eva Rahmi Kasim yang juga merupakan penyandang disabilitas melepas balon berwarna merah putih sekaligus membuka kegiatan perlombaan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022.

Seluruh pegawai BBPPKS Yogyakarta mengikuti kegiatan dengan antusias, semangat, bergembira dan terekam ekspresi kocak, seru dan lucu dari para peserta lomba maupun supporter.

BBPPKS Yogyakarta juga akan menyelenggarakan donor darah pada tanggal 16 Agustus 2022 di PMI Kabupaten Sleman yang diikuti oleh para pegawai. Selanjutnya pada peringatan puncak dilaksanakan upacara secara daring di Aula BBPPKS Yogyakarta pada hari ini, 17 Agustus 2022.

Eva mengharapkan kegiatan ini sebagai sarana pegawai untuk memeriahkan HUT RI ke-77 selain itu juga untuk menumbuhkan sikap sportivitas, daya juang dan kekompakan seluruh pegawai BBPPKS Yogyakarta.

"Bukan kalah menang yang kita cari, namun kreativitas, kekompakan dan solidaritas antar tim yang menjadi tujuan utama semua lomba yang dilaksanakan," mengutip keterangan Kementerian Sosial, Rabu (17/8/2022).

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya