Indonesia Menyerahkan Estafet Tuan Rumah Asean Para Games ke Kamboja 2023

Oleh Fitri Syarifah pada 08 Agu 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 13:00 WIB
Upacara penutupan ASEAN Para Games 2022
Perbesar
Pertunjukan kembang api saat Upacara Penuntupan ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022). Tuan rumah Indonesia menjadi juara umum pada ASEAN Para Games 2022 tersebut. (FOTO: Dok. ASEAN Para Sports Federation)

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Asean Para Games Solo 2022 telah resmi berakhir. Indonesia sebagai tuan rumah dalam pesta olahraga difabel Asia Tenggara tahun ini kemudian menyerahkan estafet tuan rumah ke Kamboja yang akan menyelenggarakannya pada 2023 mendatang. 

Dalam sambutan closing ceremony Sabtu (6/8), Presiden Jokowi mengungkapkan kebanggaannya karena Indonesia berhasil menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI Tahun 2022. Presiden juga menyampaikan apresiasi kepada para atlet yang telah berpartisipasi pada perhelatan ini.

“Indonesia sangat bangga bisa menjadi tuan rumah ASEAN Para Games XI ini. Terima kasih atas partisipasi 1.248 atlet dari negara-negara ASEAN. Terima kasih telah memberikan pesan bahwa keterbatasan dan kesulitan bukanlah halangan. Dengan komitmen dan kerja keras, disabilitas mampu mencetak sejuta prestasi,” ujarnya, dikutip Setkab.

Selanjutnya, Presiden juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan menyukseskan APG 2022.

“Terima kasih kepada seluruh delegasi dari semua negara, terutama para atlet yang telah menunjukkan sportivitas persaudaraannya. Terima kasih kepada APSF (ASEAN Para Sports Federation),  kemudian International Sports Federation, NPC (National Paralympic Committees) dan Komite Nasional ASEAN Para Games XI. Saya juga berterima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, Wali Kota Surakarta, masyarakat Kota Solo dan Solo Raya yang telah menjadi tuan rumah yang sangat ramah,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, solidaritas antarbangsa ASEAN yang ditunjukkan oleh para atlet APG 2022 akan menjadi kekuatan besar bagi ASEAN dan bagi penyandang disabilitas.

“Kita mendukung terus setiap inisiatif dari penyandang disabilitas,” ujarnya.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


APG XII 2023

Mengakhiri sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan ajakan untuk menyukseskan APG XII Tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Kamboja.

“Atas nama masyarakat Indonesia, saya menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Wakil Ketua Komite Paralimpik Nasional Kamboja Mr. Hun Many yang hadir di acara ini dan berkenan menjadi tuan rumah tahun depan. Kita sukseskan ASEAN Para Games XII tahun depan di Kamboja,” katanya.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan kendi berisi air kepada salah seorang atlet renang difabel Jendi Pangabean.

 


Acara Closing Ceremony ASEAN Para Games berlangsung meriah

Pada upacara penutupan, semua kontingen mengikuti parade berjalan dari pintu selatan Stadion Manahan, lalu menuju ke tengah lapangan dan berhenti di lintasan atletikjuga dilakukan penurunan bendera Asean Para Sport Federation (APSF) dan Asean Para Games. Selanjutnya bendera APSF diserahkan kepada tuan rumah Asean Para Games ke-12 pada 2023 yakni Kamboja. 

 

Menpora Amali juga sampaikan terima kasih kepada CdM Indonesia yang telah mencanangkan target juara umum untuk kontingen Merah-Putih tetapi meleset melebihi target.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada CdM Kontingen Indonesia, Bapak Andi Herman yang juga Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dan jajaranya, yang telah memenuhi target bahkan melampui dari target awal 104 medali emas melesat jauh keatas menjadi 175 medali emas," ujar Menpora Amali, dikutip lamam resmi Kemenpora.

Tak lupa Menpora Amali juga berterima kasih kepada para sponsor pendukung selama penyelenggaraan event olahraga akbar disabilitas se Asia Tenggara ini.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada para sponsor baik BUMN maupun perusahaan swasta yang telah mendukung penyelenggaraan ini. Terima kasih juga kepada para jurnalis dari berbagai media dan broadcaster yang telah memberitakan kegiatan ini sejak persiapan hingga pelaksanaan pada malam ini," tutur Menpora Amali.

"Kami juga sampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan, kekeliruan maupun hal-hal yang kurang berkenan baik secara persiapan maupun dalam penyelenggaraan," katanya.

 

 


Apresiasi Wali Kota Solo

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara khusus menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Surakarta sekaligus Ketua Inaspoc Gibran Rakabuming Raka. 

Menpora Amali menilai, Wali kota Gibran menumpahkan dedikasinya dalam penyelenggaraan Asean Para Games Solo 2022 sehingga mampu terselenggara dengan sukses dilaksanakan.

"Secara khusus kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wali kota Surakarta Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai Ketua Inaspoc," katanya.

"Beliau telah kerja keras menyiapkan kegiatan Asean Para Games 2022 ini dengan penuh dedikasi serta tanggung jawab beserta seluruh jajaran panitia dan sukarelawan yang tergabung dalam Inaspoc. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih," tambah Menpora Amali.

Menpora Amali juga sampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah dan para menteri Kabinet Indonesia Maju atas bantuan selama menyiapkan, pelaksanaan hingga penutupan malam ini.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju serta seluruh jajaran dan pimpinan lembaga yang membantu dan bergotong-royong sejak persiapan sampai pelaksanannya," ucap Menpora Amali.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah daerah, khususnya Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo beserta jajaran pemprov maupun kabupaten/kota se-Jawa Tengah," pungkas Menpora Amali.

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya