Sukses

Perpustakaan Pusat Autisme di AS Patut Dicontoh

Pusat ini dimulai pada tahun 2012 melalui layanan perpustakaan dan hibah tindakan teknologi oleh seorang profesor di Mississippi State University.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berkesempatan datang ke sini, Anda akan melihat anak-anak berkumpul di sekitar kursi mewah di lantai kedua Perpustakaan Umum Columbus-Lowndes Mississippi, AS.

Tori Hopper, koordinator layanan anak-anak dan remaja, akan berdiri di depan kabinet Pusat Sumber Daya Autisme Perpustakaan Umum Kabupaten Columbus-Lowndes menjelaskan buku-buku pendidikan dan mainan yang disimpan di dalamnya.

Dilansir dari cdispatch, Hopper mengawasi program perpustakaan autisme, bahkan ada saat-saat dimana ia duduk membacakan "Katak Mulut Lebar" di waktu cerita sensorik bulanannya.

Hopper menerima perhatian dan fokus yang tajam dari anak-anak yang menyaksikannya secara aktif mengatur dunia yang merupakan tempat yang menenangkan bagi anak-anak dalam spektrum autis.

“Waktu cerita sensorik kami membawa anak-anak ke dalam cerita dan melibatkan mereka lebih dari satu jam cerita biasa,” katanya. “Ketika saatnya melakukan storytime sensorik, kami sangat melibatkan anak-anak. Jelas tanggapannya akan bervariasi, tetapi bahkan jika mereka tidak melakukan kontak mata atau melakukan semua hal konvensi sosial yang diharapkan masyarakat, mereka sangat menyukainya.”

Hopper telah menjadi koordinator layanan anak-anak dan remaja di perpustakaan sejak Juni 2019. Ia mendedikasikan sebagian besar waktunya untuk Perpustakaan pusat ramah autisme ini. Pusat ini dimulai pada tahun 2012 melalui layanan perpustakaan dan hibah tindakan teknologi oleh seorang profesor di Mississippi State University.

“Mississippi State memiliki andil besar dalam mengkurasi koleksi, memberikan wawasan dan informasi tentang apa yang harus dibeli tentang pengembangan masa depan dan hal-hal seperti itu,” kata Hopper.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyediakan banyak buku dan permainan

Program ini didanai oleh Library Services & Technology Act (LSTA) Grant, Friends of the Library dan The Mother Goose Endowment.

Perpustakaan tersebut saat ini memiliki berbagai buku pendidikan, permainan, sesi cerita, band perlawanan dan banyak lagi yang memberikan kenyamanan dan hiburan bagi anak-anak autis yang mengunjungi perpustakaan. Sebuah lemari kuning terletak di sudut lantai dua yang diisi dengan permainan, buku, dan aktivitas sensorik untuk kenyamanan anak-anak.

Mereka memiliki buku pop-up, papan flanel, buku pendidikan untuk remaja dan orang dewasa pada spektrum dan buku fiksi untuk anak-anak di layar Pusat Sumber Daya Autisme.

Menurut Hopper, 70 persen anak-anak yang mengunjungi perpustakaan terlibat dalam program autisme.

“Kami adalah salah satu dari sedikit perpustakaan pusat autisme di negara bagian. Kami memiliki banyak perpustakaan yang datang dan melihat koleksi kami dan melihat sumber daya kami untuk ide tentang apa yang harus dilakukan. Kami juga terhubung dengan banyak layanan dan klinik autisme di daerah tersebut,” kata Hopper.

“Saya pikir dampaknya benar-benar dibuat oleh orang-orang. Sangat mendalam dalam arti bahwa bagi mereka yang menemukan dan menggunakannya, mereka menemukan kenyamanan dan perasaan yang luar biasa terlihat.”

 

3 dari 4 halaman

Mainan edukatif

Selain membantu anak-anak, perpustakaan ini menyediakan sumber daya untuk remaja dan orang dewasa dalam spektrum dan orang tua yang cemas.

“Kami membantu banyak orang tua yang mempertanyakan apakah anak mereka berada di spektrum atau bahkan hanya takut. Ini benar-benar permata bagi orang-orang yang menemukannya dan menggunakannya,” kata Hopper.

Baru-baru ini Columbus Kiwanis Club, di bawah bimbingan presiden klub Steven Lavender, mengumpulkan dan menyumbangkan $5.621,44 khusus untuk Pusat Sumber Daya Autisme.

Beberapa bulan yang lalu, Hopper diundang ke salah satu pertemuan mingguan klub di mana ia mengajukan permintaan resmi kepada dewan untuk meminta bantuan. Dengan suara bulat, klub memutuskan untuk mengulurkan tangan membantu mereka ke pusat sumber daya.

“Kami merasa ingin meningkatkan pusat sumber daya mereka. Mereka membutuhkan beberapa hal. Mereka membutuhkan beberapa materi pendidikan baru dan beberapa hal yang sudah ketinggalan zaman. Kami merasa kami benar-benar dapat membantu mereka,” kata Steven Lavender.

Lavender mencetak selebaran, menulis surat dan pergi dari pintu ke pintu ke semua bisnis di kota demi menerima sponsor $250 untuk mengumpulkan uang bagi klub. Dari bisnis yang ia kunjungi, alhasil klub tersebut menerima sumbangan dari 26 bisnis di sekitar wilayah Lowndes County.

"Saya mungkin pergi ke 25 bisnis dan mungkin mempertahankan 10. Semua orang di klub memiliki tanggung jawab untuk keluar dan membantu," kata Lavender.

 

4 dari 4 halaman

Kegiatan dari komunitas perpustakaan

Seiring dengan uang yang diperoleh dari sponsorship, klub menyelenggarakan lari amal 5K (3,1 mil) pertamanya untuk mengumpulkan uang untuk pusat sumber daya perpustakaan. Memorial Weekend 5K diadakan 28 Mei di pusat kota Columbus dengan biaya pendaftaran $20 per orang. Sekitar 65 hingga 70 anggota komunitas mendaftar dan mencalonkan diri untuk anak-anak dengan spektrum autisme.

Dengan uang yang dikumpulkan dari Kiwanis Club, Hopper bermaksud untuk membeli lebih banyak buku, roller uap untuk anak-anak (mainan yang digunakan untuk stimulasi sensorik), teka-teki, kereta bergerak untuk mengangkut barang-barang dan banyak lagi.

Mainan edukatif dan buku yang dibeli dengan dana yang disumbangkan akan membantu pembelajaran visual dan keterlibatan anak-anak yang menggunakan pusat sumber daya. Kereta keliling akan memberikan perpustakaan kesempatan untuk memperluas pengaruh pusat di luar perpustakaan. Hopper berharap untuk mengunjungi sekolah-sekolah lokal pada awal September untuk membantu lebih banyak anak di daerah Columbus.

“Tujuan saya adalah menyediakan sumber daya bagi orang-orang yang mengajukan pertanyaan dan kemudian orang-orang dalam spektrum itu sendiri,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini