Sukses

Begini Kerja Virus hingga Terjadi Gangguan Pendengaran

Beberapa virus tertidur sampai tubuh tidak mampu menangkalnya lagi karena masalah kesehatan lainnya. Virus dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi bakteri atau jamur, yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran

Liputan6.com, Jakarta Gangguan pendengaran telah menjadi isu kesehatan sejak sebelum lahirnya audiologi sebagai profesi setelah Perang Dunia II. Gangguan pendengaran bahkan telah didokumentasikan dalam literatur Mesir pada awal 1550 SM.

Sebuah jurnal medis kuno menjelaskan obat untuk pendengaran yang buruk yaitu dengan menyuntikkan minyak zaitun, timbal merah, telur semut atau sayap kelelawar, dan lain sebagainya. Jadi istilah gangguan pendengaran bahkan sudah ada di Yunani Kuno pada awal abad ke-10.

Kini bahkan ada lebih banyak informasi tentang apa yang menyebabkan gangguan pendengaran dan cara mengobatinya.

Dilansir dari Flag Staff Business News, Karon Lynn, Au.D, seorang dokter audiologi dengan pengalaman 30 tahun bekerja dengan individu dengan gangguan pendengaran menjelaskan dari aspek bagaimana virus dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Infeksi virus dapat berdampak pada saraf pendengaran, pembuluh darah di telinga atau bagian tubuh lain yang berkontribusi terhadap pendengaran dengan baik.

Beberapa virus tertidur sampai tubuh tidak mampu menangkalnya lagi karena masalah kesehatan lainnya. Virus dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi bakteri atau jamur, yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. 

"Sebagian besar virus menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural. Ini berarti bahwa saraf pendengaran atau organ pendengaran terganggu," katanya.

Ini juga berarti bahwa jalur mekanis pendengaran terganggu, lanjut Karon. Gangguan pendengaran ini dapat berkisar dari ringan hingga berat dan dapat terjadi pada kedua telinga atau hanya satu telinga.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Gangguan Pendengaran yang dapat disebabkan oleh Virus

 

"Saya selalu menemukan bahwa gangguan pendengaran unilateral (gangguan pendengaran di satu telinga) dari invasi virus menjadi aneh. Anda akan berpikir bahwa jika virus masuk ke sistem Anda yang memengaruhi pendengaran, itu akan merusak kedua telinga, tetapi bukan itu masalahnya," ujarnya.

"Beberapa gangguan pendengaran akibat virus dapat dikurangi dengan terapi antivirus. Kami tidak cukup mengerti tentang proses virus untuk memberikan hasil yang pasti kepada seseorang yang menderita virus. Ada begitu banyak variabel, termasuk yang jelas: seberapa sehat individu itu. Apakah tubuh mampu melawan invasi dan seberapa berhasil ia bisa tetap mengunggulinya? Virus itu licik dan mungkin berkeliaran sebentar sebelum memicu sistem kekebalan tubuh," jelasnya.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Dampak Rubella

"Ada virus yang ditularkan dari ibu ke bayinya selama kehamilan atau selama proses kelahiran. Virus yang diketahui menyebabkan gangguan pendengaran bawaan adalah CMV, Rubella, HIV, HSV1 dan HSV2. Sering kali, bayi baru lahir akan memiliki pendengaran yang normal tetapi perlahan-lahan mengalami gangguan pendengaran yang akan terlihat sekitar enam hingga 12 bulan," jelas Karon.

Rubella atau campak Jerman diperkirakan menyebabkan 32% ketulian. Rubella adalah infeksi virus yang menyebabkan ruam kulit dan nyeri sendi yang biasanya ringan pada orang tersebut. Namun, dapat merugikan bayi yang belum lahir jika seorang wanita hamil tertular virus ini.

Rubella menyebabkan kerusakan langsung pada organ pendengaran (koklea) pada bayi yang belum lahir. Ada vaksinasi untuk Rubella dengan efektivitas 97% dalam mencegah virus.

"Saya telah melihat banyak anak dengan gangguan pendengaran dari Rubella. Ketika saya pertama kali mulai berlatih audiologi, saya melihat lebih banyak kasus, tetapi sekarang karena meningkatnya penggunaan vaksin, jumlahnya berkurang secara signifikan," katanya.

CMV (cytomegalovirus) menyebabkan peradangan di koklea pada bayi yang belum lahir. Virus ini terutama berkeliaran pada anak-anak kecil dan dibawa pulang ke anggota keluarga lainnya, termasuk ibu hamil. Tidak ada vaksin untuk virus ini.

 

 

4 dari 4 halaman

Penggunaan Vaksin dalam Mitigasi Penyakit

"Saya telah melihat secara langsung kehancuran yang disebabkan oleh penyakit virus dan bakteri. Memberitahu orang tua bahwa anak mereka yang cantik akan mengalami gangguan pendengaran permanen adalah bagian tersulit dari pekerjaan saya," katanya.

Membahas gangguan pendengaran mendadak akibat virus pada anak atau orang dewasa sangatlah sulit, lanjur Karon.

Saya mendokumentasikan gangguan pendengaran progresif pada anak berusia 5 tahun beberapa tahun yang lalu. Kami tidak pernah tahu apa penyebabnya dan tidak berdaya saat kami melihatnya kehilangan pendengarannya."

Ada vaksin untuk virus seperti Polio, campak dan gondok, yang dulu menginfeksi lebih dari 90% anak-anak yang rentan. Virus cacar air dan herpes zoster yang disebabkan oleh Varicella-Zoster adalah penyebab lain gangguan pendengaran pada beberapa orang. Meningitis dapat berupa virus atau bakteri; kedua strain adalah penyebab besar gangguan pendengaran dan disfungsi fisik permanen lainnya. Ada vaksinasi baru yang tersedia untuk beberapa varian meningitis.

"Saya selalu merekomendasikan vaksinasi. Secara ilmiah, vaksin telah dipelajari dan didokumentasikan untuk mengurangi atau menghilangkan virus. Kita harus mengikuti mutasi, itu adalah harga kecil yang harus dibayar untuk kesehatan dan gaya hidup kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.