Sukses

Resmikan PeSOnas 2022, Ganjar Suntik Semangat Tanding Para Atlet Disabilitas

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membakar semangat para atlet disabilitas yang bertanding di ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022.

Liputan6.com, Semarang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 telah dimulai. Event olahraga yang rutin digelar setiap empat tahun sekali sebagai wahana pembinaan atlet penyandang disabilitas intelektual ini resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Senin (4/7) tadi malam.

Kehadiran Ganjar dalam pembukaan tersebut disambut meriah para atlet disabilitas yang memenuhi Holy Stadium Semarang. Ganjar yang hadir didampingi istri, Siti Atikoh, menyuntik semangat para kontestan 

Dalam sambutannya, Ganjar mengucapkan banyak terima kasih kepada para atlet dan tamu undangan yang hadir saat pembukaan PeSOnas 2022. Ia berharap pertandingan PeSOnas berlangsung dengan sportif dan lancar.

"Terima kasih untuk semua yang telah hadir. Yang kalah tidak boleh menangis, yang menang tidak boleh jumawa karena kita bersaudara. Setuju?" kata Ganjar yang disambut dengan teriakan setuju dari para atlet peserta PeSOnas. 

Ganjar kemudian menceritakan pengalamannya melihat aksi atlet disabilitas di Dubai. Menurutnya itu pengalaman luar biasa dengan prestasi atlet yang juga luar biasa. Maka tidak keliru ketika slogan "Aku Bintangnya" menjadi tagline.

"Anak-anak ini top, luar biasa. Dari yang ikut (PeSOnas) ini ternyata banyak yang pernah dapat emas. Kalau kita katakan mereka bintangnya maka itu benar adanya. Bagi saya dan siapa pun yang tidak pernah dapat emas atau mengikuti pertandingan olahraga di luar negeri, hari ini kita akan belajar dari mereka yang penuh sportifitas, integritas, dan semangat," ujar Ganjar yang juga didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menpora Apresiasi Tuan Rumah Jateng

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengapresiasi kesiapan Jawa Tengah untuk menjadi tuan rumah PeSOnas 2022 atau yang pertama kalinya itu. Ia mengaku sangat bangga dengan Jawa Tengah yang memiliki perhatian kepada atlet disabilitas.

"Seandainya pemerintah daerah di seluruh Indonesia punya perhatian sama terhadap atlet difabel atau disabilitas, maka olahraga paralympic kita akan bangkit dan tumbuh. Sekali lagi terima kasih untuk Pak Ganjar dan Jawa Tengah," katanya.

Amali menjelaskan pemerintah memberikan dukungan dan dorongan penuh terhadap penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan atlet-atlet yang tergabung dalam SOIna. Ini hal yang positif, selain untuk kebugaran dan kesehatan, juga membangkitkan rasa percaya diri para atlet karena tidak dibedakan dengan atlet lainnya atau non-difabel.

"Kami menargetkan pada tahun 2045 nanti, Indonesia masuk lima besar peringkat dunia. Baik untuk atlet difabel maupun non-difabel. Ini bentuk keseriusan dan dukungan dari Presiden Joko Widodo, kami juga menyetarakan apresiasi atlet difabel dengan non-difabel," ungkapnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.